Selain Marmitu ini alasannya kenapa orang Batak itu Paling jago Kalo Nyanyi

Posted 23-10-2015 12:15  » Team Tobatabo

Semua orang tahu jika orang Batak adalah maestro dalam dunia tarik suara sehingga banyak artis-artis tanah air yang berasal dari kalangan suku Batak. Makanya tidak heran jika disetiap audisi dan kontes tarik suara sudah dipastikan orang Batak akan hadir sebagai kontestan dan biasanya orang Batak sudah pasti memegang tiket juara.

Kamu tentu sudah akrab dengan nama-nama seperti Judika Sihotang, Sammy Simorangkir, Viky Sianipar, Petra Sihombing, Rita Butarbutar dan lain-lain.

Nah, penasaran kan kenapa orang Batak jago nyanyi? Berikut ini kita akan membahas lebih jauh alasan logis mengapa orang Batak jago nyanyi.

1. Sejarahnya, suara orang Batak terdengar merdu ketika bernyanyi karena kondisi alam yang mendukung.

Kondisi lingkungan yang dikelilingi pengunungan dan lembah mendukung latihan suara merdu

Dalam sejarahnya, pada zaman dahulu orang Batak tinggal di dataran Tinggi, tepatnya berada disekitar bukit barisan dan wilayah tanah Batak hamper semuanya dikelilingi oleh pegunungan.

Karena pada saat itu pemukiman penduduk masih sepi, sehingga untuk memanggil orang yang jaraknya 10 Km sekalipun harus berteriak sekeras-kerasnya. Jadi, ada interaksi kedua pihak dengan suara yang lantang, keras, nyaring dan lama kelamaan kedengaran merdu.

Jadi, ketika anda ketemu dengan orang Batak, tolong jangan kaget ya dengan suara vokalnya yang besar-besar. Tenang, itu bukan karena disengaja, tetapi karena bawaan.

2. Suku Batak Memiliki Kepala yang Rongga Sinus Wajahnya lebih besar Jika Dibandingkan dengan Orang dari Suku Lain.

Perhatikan bentuk wajahnya, pasti beda dan berkesan.

Menurut penelitian para ahli, orang Batak memiliki kepala yang rongga sinus meliputi pita suara, dan pernafasan yang lebih besar dari suku lain sehingga memungkinkan proses tarik suara lebih leluasa.

Dalam dunia tarik suara ada tiga hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang penyanyi yaitu teknik pernafasan, warna suara dan resonansi suara. Kebetulan menurut penelitian para ahli, rata-rata orang Batak memiliki ketika hal dasar tersebut.

3. Menyanyi Adalah Hal Biasa Bagi Orang Batak, Sejak Usia Dini Orang Batak sudah Mahir Bernyanyi.

Salah satu grop koor gereja. Menyanyi merupakan hal yang biasa bagi suku Batak. via nhkbp pamullang

Sejak kecil, rata-rata orang Batak sudah jago dalam hal tarik suara, kecuali mereka yang jarang ke gereja, grup vocal yang ada di sekolah dan masyarakat. Lihat saja banyak orang-orang batak yang masih berumur 3 tahun tetapi sudah masuk rekaman dan memiliki album sendiri. Mereka ada yang membentuk trio, duet, solo, bahkan koor.

Jika di gereja mereka sudah pasti bernyanyi apapun lagu yang dianggap sebagai nyanyian pujian. Disekolah sudah pasti disuruh nyanyi oleh guru setiap pagi, dirumah sering karaokean bersama keluarga. Jadi, lama kelamaan tumbuh sebuah bakat terpendam yang secara tidak sadar telah diasah melalui sebuah kebiasaan. 

4. Seluruh Kehidupan Orang Batak selalu Dicurahkan dalam Bentuk Lagu.

Seluruh kehidupan dicurahkan dalam bentuk lagu

Jika anda bertanya kepada orang Batak, ada berapa banyak jenis lagu orang Batak? Pasti waktu dua hari tidak cukup untuk menjelaskannya, kecuali anda tahan mendengarnya. Semua kehidupan orang Batak dituangkan dalam bentuk lagu, mulai dari kelahiran, menjadi anak remaja, dewasa, sukses, pernikahan, percintaan, silsilah, pujian, alam lingkungannya, profesinya, marganya, namanya, hingga meninggal juga tetap ada lagu yang berhubungan dengan hal tersebut. Suka duka selalu dicurahkan dalam bentuk nyanyian. Sehingga secara tidak sadar, banyak orang Batak yang menjadi composer lagu “tidak resmi” karena mampu menciptakan lagu dan alunan not secara tersendiri.

5. Suara Merdu Merupakan Anugerah Yang Tak Ternilai Dari Yang Maha Kuasa kepada Bangsa Batak.

Suara merdu merupakan anugerah tak ternilai

Dipadukan oleh kondisi alam dan kebiasaan yang selalu tidak pernah lepas dari dunia tarik suara, suara merdu orang Batak merupakan anugerah yang tak ternilai dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Falsafah bahkan sudah ada jauh sebelum ada agama di dunia dan Indonesia ini. Orang Batak selalu bersyukur kepada Tuhan sang pencipta yang dinamakan “Debata Mula Jadi Nabolon”.

Bahkan beberapa pengakuan orang Batak, bayi orang Batak memiliki perbedaan dengan bayi suku lain saat lahir ke dunia ini. Suara tangis bayi orang Batak lebih merdu dan teratur dari suara tangis bayi dari suku lain. Meski pendapat ini agak menggelitik dihati, tetapi namanya opini kan sah-sah saja. 

6. Suara vocal yang baik dipengaruhi oleh kebiasaan minum tuak sebagai minuman pelumas suara dan penghangat badan.

Jika anda lewat dari lapo atau warung orang Batak, anda sudah pasti mendengar orang Batak dengan suaranya yang merdu, dipadu dengan gitar atau alat musik lainnya. Mereka rata-rata bisa saling berganti peran, seperti suara tenor, bas, alto dan sopran. Jadi, campuran suara itu akan membuat kita lama-lama betah di dekat warung tersebut.

Bagi anda yang belum tahu rahasianya, untuk mendapatkan suara yang bagus tersebut, biasanya harus meneguk segelas atau dua gelas tuak dulu baru acara tarik suara dimulai.

Katanya, tuak akan membuat badan dan kerongkongan menjadi lebih renggang karena membuat efek panas dalam badan sehingga suara dan semangat untuk bernyanyi akan semakin bergelora. So, tidak heran jika mereka mampu menyanyi hingga larut malam bahkan 24 jam nonstop.

Demikianlah beberapa alasan mengapa orang Batak jago nyanyi. Bisa bernyanyi adalah sebuah anugerah yang tak tergantikan, apalagi status “jago tarik suara” melekat pada diri suku Batak. Semuanya harus disyukuri, diasah, dilestarikan dan harus kembali kita persembahkan kepada-Nya melalui pelayanan kita kepada sang Pencipta. 

Penulis Jhon Miduk Sitorus

Deskripsi:

Seorang mahasiswa, blogger dan juga penulis untuk beberapa surat kabar yang senang mengais literasi.

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI