Apel Luar Biasa Sambut Sosok baru Pangdam I/BB Mayor Jenderal Cucu Somantri

Posted 09-03-2017 15:19  » Team Tobatabo
Foto Caption: Mayor Jenderal Cucu Somantri (kiri) dan Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung melakukan salam komando pada acara Serah Terima Jabatan di Makodam I/Bukit Barisa Jalan Gatot Subroto, Kamis (9/3/2017). (Tribun Medan / Nanda)

Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan menggelar Apel Luar Biasa dalam rangka Serah Terima Jabatan Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan dari Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung kepada Mayor Jenderal Cucu Somantri.

Apel ini berlangsung di Markas Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan Jalan Gatot Subroto, Kamis (9/3/2017), dan dipimpin langsung oleh Mayor Jenderal TNI Lodewyk Pusung.

Berbagai atraksi dipertontonkan para prajurit TNI pada acara tersebut. Mulai dari penampilan Drumband, teknik bela diri khas prajurit TNI hingga pertunjukan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista).

Pangdam I/Bukit Barisan resmi dijabat Mayor Jenderal Cucu Somantri sejak terbitnya Surat Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/133/II/2017 tanggal 20 Februari 2017 dan dilantik oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono.

Mayor Jenderal Cucu Somantri merupakan mantan Kepala Staf Kostrad. Lelaki kelahiran Bandung 5 November 1961 ini bukan sosok baru di Sumut. Bapak tiga anak ini sebelumnya juga pernah berkarir di Sumut, di antaranya menjabat sebagai Kabinda Sumut pada 2013 dan Kasdam I/Bukit Barisan pada 2014 lalu.

Upacara & Pidato Sambutan

Panglima Kodam I/BB, Mayjen Lodewyk Pusung memimpin langsung upacara serah terima jabatan Dandim 0201/BS Medan dan Komandan Korem 023/Kawal Samudera. Upacara tersebut dilakukan di Lapangan Benteng, Medan, Rabu (1/2/2017).

Dalam pidatonya Jendral Bintang Dua itu berpesan kepada pada perwira agar dapat meningkatkan kapabilitas dan profesionalitas sebagai seorang prajurit.

Selain itu, Lodewyk juga berharap dari pergantian jabatan tersebut agar meningkatkan produktivitas kepemimpinan lapangan pada perwira dalam mengembangkan manajemen organisasi.

"Semua bertujian agar lebih efektif, efisien demi ke kemajuan TNI AD khususnya kodam I/BB. Pergantian jabatan ini juga sebagai bentuk realisasi dari kebijakan kepemimpinan TNI Angkatan Darat dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi, " ujarnya saat membacakan pidato.

Dalam upacara serah terima jabatan itu Kolonel Infantri Bambang Herqutanto resmi menjabat sebagai Dandim 0201/BS yang baru.

Ia sebelumnya menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (BB).

Namun kini Bambang dipercaya menggantikan posisi Kolonel Infantri Maulana Ridwan sebagai Komandan Kodim 0201/BS.

Sementara Kolonel Inf Maulana Ridwan yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Kodim 0201/BS menggantikan posisi Bambang. Saat ini, Ridwan menjabat sebagai Asisten Intelijen Kasdam Kodam I/BB.

Lalu Kolonel Inf Richard Tampubolon yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Korem 023/Kawal Samudera digantikan oleh Kolonel Doni Hutabarat. Saat ini, Kolonel Richard dipercaya sebagai Wakil Komandan Jendral Kopassus.

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI