Cari
 Tips
 Diposting 23-03-2017 19:35

Amazing! Ini Manfaat Sangge-Sangge Sebagai Obat Herbal Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sangge-Sangge atau lebih populer dengan serai atau sereh, selain jadi bumbu adalan dapur orang Batak, ternyata mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya sangge-sangge digunakan untuk bumbu masakan khas batak seperti saksang, ikan arsik, sayur dan lain-lain.

Sangge-sangge tenyata mempunyai manfaat sebagai obat remedi, atau obat herbal sebagai alterntif pemakaian obat-obat berbahan kimia. Jadi untuk kita orang Batak, ada baiknya kita menanamnya di kebun atau dipekarang rumah kita, untuk mempermudah anda mengunakan saat dibutuhkan.  Adapun beberapa manfaat serai yang tobatabo himpun dari berbagai sumber, atara lain:

1. Serai memiliki khasiat meredakan gejala atau penyakit batuk atau iritasi tenggorokan

Serai mengandung minyak atsiri yang memberikan kehangatan untuk tubuh saat di konsumsi. Zat ini bermanfaat menentralkan peradangan di tenggorokan. Pengolahan secara tepat bisa memberi anda khasiat yang sangat manjur. Caranya Pakai sebatang daun serai, 1 jempol jahe bakar, 1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkih, 7 biji kapulaga dalam empat gelas air. Rebus dengan digabung sedikit garam serta gula merah. Minum ramuan itu pagi serta sore hari sampai batuk hilang.    

2. Serai Mampu Menjadi Obat Herbal Meredakan Gejala Rematik 

Caranya, Rebus 7 batang serai, segenggam daun jeruk nipis dalam enam gelas air sampai mendidih, lantas campur dengan air dingin sekedarnya, untuk berendam tidak lebih lebih dari 1/2 jam. Kerjakan teratur sampai sembuh.    

3. Memiliki Kemampuan Detoksifikasi untuk menghilangkan racun dan radikal bebas dalam tubuh

Cukup dengan merebus 70 gr serai ke air 100 cc, lantas minum air rebusan itu saat pagi hari sebelumnya konsumsi  makanan serta minuman lain. Tunggulah 1 jam sebelum menyantap makanan lain.    

4. Buat wanita, serai membantu masalah kewanitaan anda dalam melancarkan haid

Lakukan dengan cara memarkan 2 batang serai, rebus dengan dua gelas air. Sesudah air menyusut serta harum, campur gula merah sebutuhnya serta dinginkan. Minum hangat­-hangat tiga perempat gelas, 2 x 1 hari.    

5. Manfaat Sangge-Sangge Lainnya Yaitu Meredakan Asam Urat 

Buat kamu yang sering mengalami masalah dengan asam urat, tangani dengan merebus 10 lembar daun salam, rebus dengan 700 cc air dan dua batang serai sampai tersisa 200 cc. Lalu minum airnya ketika hangat secara teratur 1 hari 1 gelas atau 2 gelas.    

6. Tanaman Sereh Mampu Mencegah Kanker Dalam Tubuh
Manfaat lain yang sangat vital adalah mencegah datangnya penyakit kanker, caranya mudah cukup dengan merebus 100 gr serai dengan 2 gelas air. Panasi sampai 15 menit serta minum waktu pagi serta sore hari 1/2 gelas setiap waktu minum. 

7. Tanaman Serai Berguna Untuk Mengusir Nyamuk

Jika rumah atau kamarmu kerap disantroni nyamuk, langsung aja ambil batang serai, potong dan taroh didalam kamar, niscaya nyamuk akan ogah datang kembali Banyak lagi manfaat tanaman yang satu ini.

Jadi tunggu apalagi, segera tanam di lingkungan rumah anda. Jangan lupa untuk membagikan tips ini untuk dongan-dongan yang lain, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah