Cari

Inilah Yang Dikatakan Semboyan Orang Batak

Posted 09-05-2017 02:46  » Team Tobatabo
Foto Caption: Ilustrasi Slogan

Orang Batak terkenal dengan keuletannya, hal ini adalah buah dari panghirimon (baca: pakkirimon) pengharapan.

Orang Batak pantang berputus asa karena selalu ada harapan dalam setiap pergumulan, inilah yang membuat orang-orang Batak kental dengan sikap kerja kerasnya menantang kehidupan.

Orang Batak sendiri memiliki semboyan 3 Hyaitu:

Hamoraon – orang Batak adalah orang yang ingin mengejar hamoraon (Kekayaan) mereka siap bekerja keras untuk memperoleh kekayaan, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Orang Batak banyak yang merantau ke kota untuk mengejar kekayaan, mereka siap mengerjakan apa saja (halal) sebagai sumber kekayaan. Maka tak heran di kota-kota besar banyak dihuni orang Batak mulai dari tempel ban, hingga pengusaha sukses.

Hagabeon – ini adalah kebahagiaan, orang Batak disebut gabe (jadi), orang Batak disebut gabe apabila mereka sudah memiliki keturunan laki-laki dan perempuan, jika hal ini tidak ada maka dirasa ada yang kurang dalam keluarga tersebut.

Namun akhir-akhir ini masalah harus punya anak laki-laki atau perempuan bukan lagi masalah, anak laki-laki dan perempuan sudah dipandang sama.

Hasangapon – identik dengan kehormatan, orang Batak selain kaya, dan marhagabeon, maka harus juga terhormat, maka tak heran orang Batak itu semua disebut raja. Anak ni raja dohot boru ni raja.

Hal ini bukan sekedar menunjuk pada kedudukan dalam arti tahta raja, namun dalam bersikap seperti raja.

Terhormat, bijaksana, tidak semberonoh sebagaimana seharusnya seorang raja. Maka dalam istilah orang Batak tidak boleh saling merendahkan karena semua adalah sama-sama anak ni raja dan boru ni raja.

 

Dikutip dari kompasiana.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah