Macam-Macam Wisata Kuliner Di Medan Sumatera Utara

Posted 01-10-2012 14:34  » Team Tobatabo

Topik kuliner tidak bisa di pisahkan dari kegiatan berlibur. Adalah Medan sebagai ibukota Propinsi Sumatra Utara yang menyimpan sejuta cita rasa campuran sempurna dari berbagai suku yang tereprensentasi dalam kulinernya.

Indahnya multi etnis di Medan

Sekilas mengenai sejarah kota medan, ketika abad ke 19 pemerintah kolonial Belanda membuka perusahaan perkebunan secara besar-besaran, Medan menjadi kota penting setelah Pulau Jawa. Di akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, terdapat gelombang migrasi besar – besaran orang Tionghoa dan Jawa yang bekerja sebagai kuli kontrak perkebunan. Namun tahun 1880, pemerintah menstop kedatangan orang Tionghoa dan mereka di arahkan untuk berdagang. Lalu gelombang migrasi besar kedua terjadi ketika orang dari Minangkabau, Mandailing serta Aceh datang untuk menjadi guru serta ulama. Sehingga dalam cita rasa kuliner Medan berkembang dari etnis Melayu, Jawa, Minang, Batak, Tionghoa, India, Aceh, Mandailing hingga Karo. Ketika berkunjung ke kota Medan, sempatkanlah untuk mampir ke beberapa tempat makan berikut ini :

Pusat kuliner Kampung Keling

Mengapa di sebut kampung keling? Karena disinilah mayoritas penduduk keturunan India bermukim. Dan disinilah berpusat beragam makanan khas India berada. Mom bisa temukan mie rebus seharga RP 10.000/porsi, martabak India Rp 10.000/porsi, martabak kubang RP 18.000/porsi, dan roti cane plain RP 10.000 atau plus kare kambing RP 18.000. Minuman khas adalah Jus terong Belanda segar bisa mom nikmati seharga RP 10.000/gelas. Pusat kuliner ini buka mulai pukul 16.00 sampai 01.00 WIB.

Restoran Cahaya Baru

Jika ingin menikmati makanan keling versi restoran dan mom seorang vegetarian, mampirlah ke Restoran Cahaya Baru di JI. Teuku Cik Ditiro no. 12/16. Telp (061) 4530962. Menu andalan nya, nasi briyani serta aneka variannya seperti Patialla (nasi briyani yang disajikan di atas telur dadar dan ditambahkan kari ayam, dengan hiasan telur rebus serta taburan daun ketumbar. Ada juga yang unik bernama Pallah Pamer. Yaitu bayam yang dihaluskan seperti bubur lalu dibumbui bawang putih yang banyak dan dimasak dengan sejenis tahu dari susu. Rasanya lembut, gurih dan disantap bersama roti tandoori khas india. Rumah makan ini full AC dan buka dari jam 9 pagi hingga 10 malam dengan harga kisaran makanan Rp 10.000 hingga Rp 50.000/porsi

Deli Bakeri

Salah satu toko roti yang sudah berada puluhan tahun ini, menjual cita rasa roti dengan resep tradisional yang khas dan menggunakan tangan. Mom bisa menemukan roti mentega, kelapa serta roti tawar yang lembut tanpa pengawet. Jika ingin menikmati pilihan roti yang lengkap, datanglah pada jam 12 siang, karena roti baru saja matang dan siap untuk di santap. Deli Bakeri : Jl Teuku Cik Ditiro 9, Darat, Medan Baru (021) 4568082

Kedai lontong H.Bang Man

Terletak di JL. Teuku Cik Ditiro sebelah SMAN 1, lontong di sini bercitarasa khas dengan lontong sayur yang disiram bumbu pecel dan di temani sayur serta telor sambel. Walau telihat aneh bagi yang belum pernah merasakan, namun rasanya enak. Ingin memberikan oleh-oleh bumbu pecel ini? Di sini menjual bumbu pecel dalam kemasa ½ kg dan 1 kg dengan harga sekitar Rp 6.000 hingga RP 15.000.

Dimsum Nelayan

Nikmati aneka dimsum mulai dari di kukus hingga di goreng di restoran Nelayan. Dengan tujuh outlet yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan di kota Medan. Beberapa menu andalannya; siomay rumput laut, hakau udang, leng hong kien, lumpia udang kulit tahu. Nikmati aneka dimsum ini dengan cocolan saos sambal khas resto Nelayan dan rasakan kelezatan gurih bercampur pedas sejak gigitan pertama. Dengan servis pelayan yang ramah, serta interior resto bernuansa merah, nikmati beragam dimsum dengan dessert andalan pancake durian atau pancake alpukat yang gurih dan berlemak. Untuk menikmati aneka hidangan dimsum serta minum, harga berkisar Rp 50.000/ orang.

Durian

Sambil berjalan-jalan menikmati keindahan Kota Medan, silahkan mampir di lapak-lapak penjual durian di pinggiran jalan, seperti di Jalan Iskandar Muda, Medan. Salah satu pedagang di daerah itu adalah Tian. Ia telah berjualan durian dari 1970 silam. Rasa buah durian Medan khas dari durian lainnya karena memiliki rasa pahit bercampur manis yang legit. Harga terbaik untuk 1 buah durian adalah Rp 5000. Tertarik untuk membawa pulang ke kota Anda? Silahkan beli durian dengan per-box dan minta tukangnya untuk packing agar lolos dari pemeriksaan di bandara.

Mie Aceh Titi Bobrok

Ingin menikmati makanan khas Aceh, mampirlah ke Mie Aceh Titi bobrok yang terletak di JL. Setiabudi dengan menu Mie Aceh CPC (daging) & Mie Aceh kepiting dan imbangi rasa gurih serta berlemak dari makanan Aceh dengan es ketimun yang segar. Untuk menikmati hidangan di sini, harganya berkisar antara Rp 6.000 hingga Rp 11.000. Buka dari jam 11.00 siang hingga tengah malam.

TipTop

Sebuah resto dengan nuansa Belanda tempo dulu, lengkap dengan foto jaman era 40-an, seragam pelayan baju putih lengan panjang plus kopiah di atas kepala persis seperti pasukan pengibar bendera hadir di Jl. Ahmad Yani no 92 di daerah Kesawan. Nikmati rasa ice cream parlor djadoel, cake ulang tahun dengan cita rasa Belanda dengan hiasan kue sederhana, serta kue kering seperti chocolate baton, kattetong, specolast.

Seafood Wajir

Sebuah warung tenda yang sangat ramai di malam hari mulai jam 16.30 hingga 23.00 hadir dengan sajian seafood di Jl. Wajir (Kolonel Sugiono) 31, Medan. Dengan kisaran harga Rp 20.000 hingga Rp 30.000, jangan lewatkan Ikan kerapu kukus Tiociu, kepiting soka telur asin, belut cabe hijau, tahu hotplate dan kangkung tumis terasi. Puaskan dahaga dengan minuman Jus. Mulai dari Jus orange peach, jus sari sawi, nanas dan apel untuk mengimbangi rasa seafood ini. Perjalanan menuju kota Medan, bisa mom tempuh melalui jalur laut dengan Kapal Laut dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta atau dari pelabuhan Batam menuju Belawan dan perjalanan menggunakan jalur udara dengan beberapa jasa maskapai penerbangan dari Garuda Indonesia, Citilink Airlines, Lion Air, Batavia, Sriwijaya air hingga Tiger airways.

Manfaatkan pembelian tiket melalui internet untuk mendapat harga termurah. Jika mom beruntung, mom bisa mendapatkan tiket seharga RP 209.900 untuk perjalanan 1 orang dewasa dari Jakarta ke Medan. Akomodasi penginapan di kota Medan, tersedia beberapa hotel berbintang seperti JW Mariot, Aryaduta Hotel hingga beberapa hotel lokal seperti Tiara Hotel. Untuk menjelajahi kota Medan, di sarankan mom menyewa mobil beserta supir atau gunakan jasa becak motor untuk menembus lokasi tujuan di dalam kota medan. Sebuah keunikan tersendiri menaiki becak motor.

TIPS Wisata Kota MEDAN

Berminat untuk mengajak keluarga berlibur di kota Medan? Simaklah beberapa tips berikut ini :

1. Survei harga tiket penerbangan dan cari yang paling murah.

Karena medan termasuk kota bisnis yang pesat, harga pesawat pun bersaing. Terdapat 6 maskapai penerbangan yang menyediakan rute Jakarta- Medan. Harga tiket terendah, bisa mom dapatkan Rp 209.900 / orang untuk sekali jalan

2. Manfaatkan Becak motor untuk menuju tujuan

Becak motor adalah kendaraan umum khas Medan. Bayangkan sebuah becak yang digerakkan oleh sepeda motor. Kapasitas becak motor, 2 dewasa dan 1 anak.

3. Perhatikan tanda halal untuk makanan cina serta karo.

Pada beberapa menu makanan, ada yang menggunakan minyak babi untuk menambah kelezatan. Rajinlah bertanya untuk memastikan kehalalan makanan mom.

4. PIlih Taxi yang legal

Di Medan, banyak taxi yang enggan menggunakan argo meteran untuk mengantarkan mom ke tujuan. Untuk amannya, pilih merek taxi yang sudah terkenal.

5. Hotel atau motel

Tersedia beragam pilihan akomodasi penginapan. Mulai dari hotel bintang lima seperti JW Mariot atau motel eksklusif seperti yang bisa mom tawar dengan harga lebih murah jika menginap beberapa malam.

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI