Cari

Makna Kesetiaan Dalam 5 Ayat Alkitab Harus Diketahui Kamu Dan Pasangan

Posted 27-05-2017 14:18  » Team Tobatabo
Foto Caption: Bibel Bahasa Batak

Salah satu bahan dasar utama membangun rumah tangga adalah kesetiaan. Tanpa adanya hal ini maka bangunan tersebut rawan roboh atau hancur. Alkitab bahkan menunjukkan kepada kita bagaimana Tuhan sendiri pun sangat menyukai orang-orang yang loyal.

 Sebelum kepada ayat-ayat Alkitab apa saja yang menunjukkan soal kesetiaan khususnya dalam keluarga, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu tentang pengertian di dalam bahasa aslinya.

Kesetiaan dalam bahasa asli yang digunakan di Alkitab adalah “emunah” (dipakai di Perjanjian Lama) dan “pistos” (dipakai di Perjanjian Baru).

Emunah secara tersurat berarti kokoh. Secara kiasan bisa berarti “aman”, “loyal” atau “setia” atau “faithfull” (penuh iman). Adalah mustahil seseorang bisa kokoh dan setia jika tak penuh dengan pengharapan dan iman.

Tuhan sendiri menggambarkan dirinya sebagai Tuhan yang kokoh, tidak berubah. Tuhan konsisten dan sama. Dalam terjemahan bahasa Inggris lainnya, kesetiaan adalah “steady”, “trully”, “truth”, “fairly”.

Sementara, “pistos” di dalam bahasa inggris diartikan trustworthy atau layak dipercaya. Arti lainnya adalah “believe”, “faithfull”, “sure”, “true’. Kata ini digunakan di dalam ayat seperti kalau kita setia (pistos) dalam hal kecil maka kita akan dipercaya dalam hal besar.

Setelah kita memahami apa itu artinya kesetiaan, maka kita bisa beranjak kepada ayat-ayat yang menuliskan tentang hal ini. Berikut adalah 5 ayat Alkitab tentang kesetiaan yang suami-istri wajib sama-sama ketahui:

1. Maleakhi 2:15

Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.

2. Mikha 6:8

"Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?"

3. Amsal 3:3-4

Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia.

4. Ibrani 13:4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

5. Matius 5:28

Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Kamu sudah mengetahui hal ini maka hiduplah sebagai orang yang setia seumur hidup. Bukan sebuah hal yang mudah, tetapi bersama Tuhan pasti bisa.

Jika pasangan belum mengetahui Firman Tuhan di atas, maka bagikanlah. Jangan takut dengan penolakan yang akan ditunjukkan karena setiap Firman Tuhan yang dibagikan tidak akan pernah kembali dengan sia-sia.

Dikutip dari Jawaban.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah