Cari

Bumbu Khas Tanah Batak Antarasa (Attarasa) Bukan Andaliman

Posted 27-05-2017 14:27  » Team Tobatabo
Foto Caption: Buah Antarasa/Attarasa

Ayo...ayo....sambil menghilangkan rasa tegang dan sambil belajar membawa kembali kejituan budaya leluhur yang hilang, mari kita pelajari harta alam Tanah Batak.

Buat adek-adek yang mungkin sudah lahir di rantau, dan mungkin jarang makan masakan batak, cobalah lihat secara dekata bumbu2 kita yang begitu Assoi dan betul2 memberi rasa jitu uantuk segala jenis masakan.

loading...

buah antarasa

Andaliman, bumbu yang dipake untuk arsik, napinadar, naniura, natinombur, segala macam kare, pokoknya hidup tak seru tanpa andaliman. Andaliman adalah tanaman origin (native) dari SUMUT dengan pohon berbentuk semak dan berduri.

Attarasa, buahnya mirip juga dengan lada, halus kulitnya tidak keriting seperti andaliman. Rasanya mirip dengan andaliman, namun rasta nyengat (mangampir) itu tidak sekuat andaliman.

Antarasa mungkin tidak bisa digunakan sebagai pengganti andaliman untuk naniura, namun bagus untuk memberi pembangkit rasa untuk ditabur dengan nasi putih, atau sebagai penambah rasa untuk salada tomat.

buah antarasa

Kalau tidak salah antarasa itu punya pohon besar dan tinggi, tidak seperti andaliman. Kalau lagi pulang ke Tanah Batak dan ingin tau tanaman ini secara dekat, cobalah ke Taman Eden, disana mereka punya koleksi banyak tanamana Batak.

Kami telah membuat uji coba selada tomat di Rumah Belajar Parsadaan Lumban lobu, coba lihat hasilnya dan cara membuatnya.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah