Cari

Budaya Mangapuli Atau Penghiburan Buat Keluarga Batak Yang Sedang Berduka

Posted 30-05-2017 22:08  » Team Tobatabo
Foto Caption: Acara Mangapuli

Kegiatan Mangapuli dalam adat batak adalah memberikan penghiburan kepada keluarga yang sedang berdukacita.

Dalam adat mangapuli, kerabat dan masyarakat sekitar akan datang untuk memberi penghiburan bagi keluarga yang baru mengalami musibah atau dukacita. Dalam tradisi mangapuli paran tamu akan memberi kata semangat dukungan dan menyatakan rasa simpati untuk keluarga yang mengalami musibah.

loading...

Adapun fungsi tersirat lain mangapuli adalah fungsi monitor atau penyertaan dan pengawasan para kerabat dan masyarakat terhadap kondisi fisik dan mental seluruh keluarga terhadap kemungkinan adanya goncangan mental terhadap keluarga yang berduka.

Hanya saja Mangapuli tidak dilakukan secara asal-asal, semua ada prosedurnya dan prosedur ini erat hubunganya dengan adat Batak Toba.

Kita dan Pihak Keluarga datang membawa makanan, minuman untuk dimakan bersama-sama di rumah duka.

Keluarga yang berduka sama sekali tidak direpotkan dengan makanan namun cukup menyediakan piring-piring, dan air putih saja.

Dan pihak keluarga yang berduka juga biasanya menyampaikan terimakasih kepada orang-orang yang sudah datang memberikan penghiburan (dukungan moril) kepada keluarga yang ditinggalkan yang biasa disebut Mangampu hasuhuton.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah