Cari

Makanan Dan Minuman Batak yang Kini Sudah Hampir Dilupakan! Apa Benar?

Posted 20-06-2017 22:44  » Team Tobatabo
Foto Caption: Ilustrasi Makanan Dan Minuman

Namun disamping itu, dengan perkembangan jaman sekarang ini, maka ada minuman dan makanan khas batak yang hampirterlupakan.

Bahkan, sudah terlupakan. Mengapa demikian? Mereka sudah jarang membuatnya sehingga anak cucu mereka pun tidak tahu.

loading...

Apa saja makanan dan minuman khas batak yang sudah terlupakan?

1. Aek Las.

Aek las ini adalah sebuah minuman yang dibuat dari berbagai bahan. Contohnya, Ikan kepala batu, Bawang batak, Sarpepe (Asam Batak), Garam, dan lain-lain.

Memasak Air

Beberapa bahan itu dibakar hingga mengeluarkan bau yang sangat wangi, kemudian dilumatkan sampai halus. Stelah itu, disiram pake air mendidih, dan garamnya di cocokkan dengan banyaknya adonan.

ini adalah minuman khas btak sewaktu manggadong (Makan Ubi). Namun hal sedemikian, sudah jarang di jumpai bahkan sudah hampir dilupakan.

2. Manggadong

Manggadong, artinya Mangallang Gadong ( Makan Ubi )
Nah, Aek las yang kami sebutkan di atas tadi, sangat cocok sebagai menu minumannya sewaktu manggadong.

ubi

Namun di zaman yang semakin maju, manggadong sudah jarang dijumpai khususnya orang batak. Dulu, sebelum masuk nasi, Manggadong adalah makanan yang pertama dimakan. Nasi sedikit dimakan. Yang seperti ini masih populer hingga tahun 80-an.

3. Ura-Ura

Kenal dengan namanya ura-ura? Di jaman saya bersama dengan ibu-ibu, sering membuat yang namnya Ura-ura.

loading...

Ura-ura ini adalah sejenis makanan yang bahanya berasal dari beberpa buah yang masih mentah, Disatukan, kemudian di haluskan (Tidak Lumat ).

Jengga

Diberi Cabai yang lumayan pedas, kemudian Siap di hidangkan.Ini beberapa bahan membuat ura-ura. Jengga ( Babal alias tongtolang nangka ),Attajau na Bibi ( Jambu Mentah ), Cabai Dan lain-lain.

Namun sekarang makanan ini sudah teidak pernah lagi dibuat. Dulu, sewaktu hari libur, Contohnya hari minggu banyak ibu-ibu yang ngumpul.

Kemudian mereka mencari bahanUra-uradanmenjadikanya.Sekarang, dengan demakin berkembangnya jaman, hal ini sudah jarang di temukan.

Para ibu-ibu lebih memilih Menonton. Meskipun makanan dan minuman khas batak itu sudah hampir dilupakan, Namun di beberapa daerah masih ada yang kita jumpai yang seperti ini. Salah satunya adalah arah ke Tapanuli utara. Meski sudah jarang, namun masih ada yang buat.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah