Cari

Ironi Imbuhan “Pa-Hu” atau “Terlalu Berlebihan” Dalam Falsafah Batak

Posted 21-12-2017 14:56  » Team Tobatabo
Foto Caption: ilustrasi

Dalam bahasa Batak, kata "terlalu" dapat diterjemahkan hanya dengan menambahkan imbuhan "pa" dan "hu" di awal dan di akhir kata.

Contoh:

bagak = cantik
pa.bagak.hu = terlalu cantik
roa = jelek
pa.roa.hu = terlalu jelek

mora = kaya
pa.mora.hu = terlalu kaya
pogos = miskin
pa.pogos.hu = terlalu miskin

pistar = pintar
pa.pistar.hu = terlalu pintar
oto = bodoh
pa.oto.hu = terlalu bodoh

Dalam pandangan (falsafah) suku Batak, segala sesuatu yang mengandung "pa-hu", entah itu dasarnya baik atau buruk, semuanya akan berakhir buruk. Apapun yang ada "pa-hu"-nya semuanya akan berakhir tragis.

Anda boleh saja mencintai seseorang tetapi jangan pa.cinta.hu. Anda boleh saja akrab dengan seseorang tetapi jangan pa.domu.hu. Anda boleh saja tidak suka sama seseorang tetapi jangan pa.sogo.hu.

Mengapa?

Dalam hubungannya dengan PILKADA yang di beberapa tempat belum berakhir karena akan ada putaran kedua. Anda boleh saja mendukung pasangan tertentu tetapi jangan pa.dukung.hu. Dan Anda sah-sah saja tidak menyukai pasangan tertentu tetapi jangan pa.benci.hu.

Mengapa?

Imbuhan "pa-hu" dapat membuat Anda berpikir irrasional. Imbuhan "pa-hu" dapat membuat Anda lupa diri atau tidak sadarkan diri sehingga berbuat hal-hal yang tidak seharusnya yang mengakibatkan kebencian, permusuhan, perpecahan yang pasti mengakibatkan penderitaan tiada akhir.

Belajarlah dari "perang saudara" di Afrika dan Timur Tengah. Belajar bukan berarti bagaimana supaya "perang saudara" terjadi di negeri kita. Tetapi belajar mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apa akibat dari peristiwa tersebut. Belajar bagaimana mencegah kebakaran besar dari akar rumput.

Jika Anda tahu, semuanya berawal dari "pa-hu"

Horas... 3x
Merdeka... 3x
Mauliate!

Ditulis Oleh Rintar Sipahutar, S.Pd Guru Matematika SMP Negeri 1 Lingga Utara Kab. Lingga Kepulauan Riau
Judul Asli: "Terlalu" dan “Pa-Hu” Dalam Falsafah Batak

Dikutip dari Kompasiana
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah