Horas! Kahiyang Ayu Lahirkan Anak Perempuan, Presiden Jokowi Miliki Cucu Boru Nasution

Posted 01-08-2018 09:49  » Team Tobatabo
Foto Caption: Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu, putri  Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melahirkan anak pertamanya di RS YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/8/2018).

Kali ini cucu kedua dari Jokowi tersebut berjenis kelamin perempuan, melalui proses persalinan cesar.

Suami Kahiyang, Muhammad Bobby Afif Nasution  menambahkan, anak pertamanya tersebut lahir sekitar pukul 05.50 WIB, dengan berat badan 3,4 kg dan panjang 49 cm.

Presiden Joko Widodo menjelaskan tentang kelahiran cucu keduanya, anak pertama Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di RS YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/8/2018). (TRIBUNNEWS.COM/YANUAR)
"Syukur alhamdulillah tadi putri pertama kami telah lahir pukul 05.50 berat badan kurang lebih 3,4 kg dengan panjang 49 cm," ujar Bobby.
Mengingat Booby Nasution merupakan orang Sumatera Utara, putra Mandailing, lazim trah keluarga menurut garis keturunan patrilineal, maka putrinya layak menyandang boru Nasution.

Dokter yang menangani proses persalian Kahiyang, mengatakan persalinan cesar dipilih lantaran menyesuaikan dengan kondisi sang ibu.

"Kita menyesuaikan yang terbaik untuk Kahiyang, salah satunya itu," ujar Dr Endy Moegni.

Sementara untuk nama, Bobby masih merahasian nama dari putri pertamanya tersebut.

"Namanya nanti, menyusul. Kalau tadi (prosesnya) caesar," ungkapnya.

Presiden Jokowi berstatus kakek setelah putra pertamanaya Gibran Rakabuming Raka memilili anak dari Selvi Ananda bernama Jan Ethes Srinarendra.

Nikah Pesta ADat Jawa dan Mandailing

Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution digelar di Solo pada 8 November 2017. 

Usai akad nikah, pesta resepsi dilaksanakan dua kali. Usai acara adat Jawa di Solo pada 8 dan 9 November 2017, keluarga Jokowi akan melawat ke tempat asal Bobby, Kota Medan pada tanggal 24, 25, 26 November 2017. 

Acara di Solo akan digelar dengan adat Jawa. Sedangkan di Medan akan dilaksanakan dengan adat Batak/Mandailing.

Juru bicara keluarga, Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa seluruh keluarga turut serta ke Medan. Jumlah anggota keluarga yang ikut mencapai 100 orang.

"Semuanya ikut, 50-an orang, sama anak-anak ya mungkin 100 orang ada," ujar Gibran.

Jokowi juga menyampaikan bahwa ada dua tokoh negara yang akan menjadi saksi nikah Kahiyang dan Bobby. Mereka adalah Wapres Jusuf Kalla (JK) dan Menko Perekonomian Darmin Nasution. 

Sejumlah pejabat negara menyampaikan harapan dan doa dalam pernikahan puteri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu Siregar dengan Bobby Afif Nasution.

Seperti, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Ignatius Jonan. Doa itu disampaikan ketika diwawancarai di Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Medan, Minggu, (26/11/2017).

Pernikahan Bobby-Kahiyang juga dinilai sebagai perkawinan yang memberikan dampak positif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara.c

"Satu dari Medan, satu lagi dari Solo. Itu membuktikan kebhinekaan Indonesia," kata mantan Menteri Perhubungan tersebut.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengharapkan Bobby-Kahiyang mampu menjalankan rumah tangga yang menganut prinsip saling bersabar dan saling mengerti antara satu dengan lainnya.

"Meski ada perbedaan, tapi dengan komitmen bersama, akan hidul sejahtera sepanjang masa," katanya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengatakan, pernikahan Bobby-Kahiyang merupakan perkawinan dengan dua latar belakang adat istiadat yang berbeda.

Namun, perbedaan latar belakang budaya tersebut mampu dipersatukan dengan pernikahan.

"Saya melihat itu sesuatu yang luar biasa," katanya.

Dikutip dari Tribun Medan
MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI