Cari
 Tokoh
 Diposting 24-10-2018 15:35

Profil dan Biografi Brigjen Maruli Simanjuntak, Mantan Prajurit Paspampres Ahli Menembak

Foto Caption: Brigjen Maruli Simanjuntak, Kasdam IV Diponegoro

Brigadir Jenderal TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) Kodam IV/ Diponegoro, sejak Senin (22/10/2018).  Brigjen TNI Maruli Simanjuntak menggantikan Brigadir Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari yang saat ini bertugas di Markas Besar TNI Angkatan Darat.

Banyak orang bertanya-tanya siapakah jendral bintang satu putra Batak yang mampu menjadi komandan Kodam IV Diponegoro ini? Apakah prestasinya? Apakah karena dia populer hanya karena mendompleng nama mertuanya Luhut Binsar Panjaitan (Menko Maritim kabinet kerja Presiden Jokowi)? Dan dari mana asalnya?

Ok dongan, kembali tobatabo akan coba menjelaskan sedetail mungkin mengenai profil dan biografi singkat jendral yang suka menembak ini.

Brigadir Jendral (Brigjen) TNI Maruli Simanjuntak M.Sc  merupakan putra Batak yang besar di tanah perantauan. Lahir di Bandung, pada  27 Februari 1970. Maruli adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang saat ini ia menjabat Wakil Komandan Paspampres. Sebelumnya sejak 5 Februari 2016 sampai dengan 25 April 2017 mengemban amanat sebagai Danrem 074/Warastratama.

Maruli, lulusan Akademi Militer 1992 ini berpengalaman dalam Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra. Jabatan terakhirnya adalah Komandan Grup A Paspampres. Semasa di paspamres Brigjen Maruli Simanjuntak merupakan komandan yang memiliki standar tinggi terhadap pasukan Paspampres. Maruli berstatement bahwa Paspampres sebagai pasukan pengawal presiden harus mampu lebih ahli dan taktikal dibandingkan pasukan lain atau masyarakat umum. Salah satu keahlian yang harus dimiliki para Paspampres adalah keahlian menembak. Brigjen Maruli Simanjuntak menekankan keahlian dan kemahiran menembak merupakan hal yang utama dalam menunjang karir Paspampres.

Meskipun begitu saat menjabat Komandan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Maruli Simanjuntak yang saat itu masih berpangkat Letkol pernah terseret kasus yang cukup menggemparkan seluruh Indonesia. Yaitu kasus penyerangan Lapas Klas IIB Cebongan, Sleman, yang memakan korban meninggalnya seluruh tersangka kasus penikaman anggota Kopassus hingga tewas. Tapi dengan kesaksian Maruli dan pengakuan Ucok bahwa aksi tersebut merupakan inisiatif rasa setiakawan dan  diluar sepengetahuan sang komandan akhirnya Maruli Simanjuntak sehingga dianggap tidak bersalah.

Para eks kopassus yang menjadi tersangka lapas cebongan

Foto Ucok dan kawan-kawan prajurit kopassus lain yang terjerat kasus penyerangan lapas cebongan

Letkol Maruli Simanjuntak

Foto Maruli Simanjuntak kala itu berpangkat Letkol menjadi dalam persidangan penyerangan lapas Cebongan

Maruli Simanjuntak menikah dengan Paulina Pandjaitan putri sulung Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jokowi, hal ini banyak mengundang spekulasi masyarakat bahwa karir beliau merupakan pengaruh dari sang mertua. Meskipun begitu Maruli tetap berpegang tenguh bahwa seorang prajurit TNI hanya mengandalkan dirinya dalam mengemban tugas Negara.

Brigjen Maruli Simanjuntak Kasdam IV Diponegoro

Pada 22 Oktober 2018 Brigadir Jenderal TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) Kodam IV/ Diponegoro, sejak Senin (22/10/2018). Brigjen TNI Maruli Simanjuntak menggantikan Brigadir Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari yang saat ini bertugas di Markas Besar TNI Angkatan Darat. Hal ini membuktikan kembali bahwa Maruli Simanjuntak merupakan salah satu Jendral Putra Batak yang memiliki potensi dan prestasi gemilang.

Baca juga Ini Dia Menantu Luhut Pandjaitan, Brigjen TNI Maruli Simanjuntak Jabat Kasdam IV Diponegoro

Riwayat Karir:

  • Komandan Denpur Cakra (2002)
  • Pabandya Ops Mako Kopassus (2005)
  • Danyon 21 Grup 2 Kopassus (2008)
  • Dan Sekolah Komando Pusdik Passus (2009)
  • Wadan Grup 1 Kopassus (2010)
  • Dan Grup 2 Kopassus (2013)
  • Asops Danjen Kopassus (2014)
  • Dan Grup A Paspampres (2014-2016)
  • Danrem 074/Warastratama (2016-2017)
  • Wadanpaspampres (2017-2018)
  • Kasdam IV Diponegoro (2018-sekarang)

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah