Cari
 Wisata
 Diposting 03-12-2018 16:48

Bakkara, Surga Tersembunyi Danau Toba

Foto Caption: Danau Toba yang terkenal ini adalah lokasi sesungguhnya Bakkara. (foto: TGIF Magazine)

Pernahkan Anda mendengar nama Bakkara? Anda yang sering melihat keindahan Danau Toba berupa gambar lembah nan cantik di pinggir danau dikelilingi perbukitan, tentu kurang menyadari bahwa itulah keindahan milik Bakkara. Keindahannya tak kan mengecewakan meski namanya belumlah sepopuler Danau Toba itu sendiri.

Penulisan yg benar ‘Bakkara’ menurut wikipedia adalah BAKARA. Namun tetap saja, nama ‘Bakkara’ lebih banyak digunakan di berbagai literatur. Bakkara adalah nama sebuah wilayah di pinggiran baratdaya Danau Toba, dekat Muara dan dalam wilayah administratif Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Sebuah teritori yang terdiri dari beberapa dusun dan desa terhampar di lembah yang berjarak belasan kilometer dari Dolok Sanggul. Dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba.

Aek Sipangolu

Foto Wisatawan yang merasakan kesegaran Aek Sipangolu yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. (foto: Berbagi Itu Indah)

Bakkara. Menurut pedomanwisata.com, masyarakat setempat menyebutnya sebagai pusat Kerajaan Batak. Tempat itu cukup terkenal kala dulu terutama saat masa Sisingamangaraja. Ada 12 raja yang memerintah di Bakkara. Itu berarti daerah ini telah menyaksikan kehidupan bangsawan Sisingamangaraja. Saat ini, turis datang ke tempat ini karena nilai sejarahnya. Lokasinya dekat Danau Toba. Dikelilingi oleh bukit-bukit yang megah dan pepohonan rindang.

Suhu di Bakkara, menurut www.kabarkan.co.id, relatif dingin dan sejuk. Selain itu ada banyak mata air yang terbentuk dengan alami. Setiap mata air tersebut mempunyai nilai sejarahnya yang tinggi. Mata air yang terkenal di Bakkara adalah Aek Sitio- tio. Soal kejernihan airnya jangan dikatakan lagi, pastinya bersih, jernih, sejuk dan dingin sepanjang waktu.

Di Bakkara jugaterdapat mata air yang paling terkenal, yaitu Aek Sipangolu. Aek Sipangolu ini merupakan air terjun yang oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai air suci karena di percaya dapat digunakan sebagai air kehidupan.

Bagi traveler yang ingin merasakan sejuknya air terjun ini, saat ini di sekitar air terjun tersebut sudah terdapat tempat untuk pemandian umum dimana sumber airnya langsung berasal dari aliran Aek Sipangolu Desa Bakkara.

Jalanan Bakkara

Foto Salah satu pemandangan jalan di daerah Bakkara. (foto: Bakkara Nauli)

Hal yang unik yang menjadi daya tarik lain di Bakkara adalah budayanya. Masyarakat setempat umumnya memiliki tanaman melimpah. Sebagian besar penduduk desa adalah petani. Mereka juga memiliki budaya yang unik. Jika Anda ingin menyaksikan Istana Sisingamangaraja yang megah, Anda harus menuju ke Lumbanraja.

Ada banyak hal menarik disini. Di depan Istana, Anda bisa menemukan makam kuno yang dilengkapi dengan ukiran Batak. Dekat ke lokasi ini, Anda juga bisa menemukan batu Siungkap-ungkapon. Berdasarkan rumor yang ada, batu itu digunakan untuk memprediksi masa depan, terutama untuk memprediksi hasil panen

Jika Anda berencana ke Danau Toba, kunjungi juga Bakkara. Surga tak terlupakan yang akan Anda temukan. Bisa jadi, spontan hati Anda akan terngiang lagu What a Wonderful World-nya Louis Amstrong.

I see trees of green, red roses too
I see them bloom for me and you
And I think to myself what a wonderful world…

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah