Cari

Stephanie Sinaga Raih Emas Kejurnas Sambo 2019, Target Menuju Sea Games Filipina

Posted 27-01-2019 17:14  » Team Tobatabo
Foto Caption: Stephanie Sinaga atlet sambo

Atlet Sambo asal Sumut Stephanie Grageoka Sinaga berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih medali emas pada Kejurnas Sambo 2019, Minggu (27/1/2019) di Ciloto, Jabar.

Yang lebih mencengangkan, ternyata Kejurnas Sambo Jabar menjadi yang pertama diikuti atlet 20 tahun ini. Dimana sebelumnya karir atlet berdarah Batak Toba ini dimulai dari olahraga tarung gulat.

Saat ditanyai Tribun, atlet yang akrab disapa Fani ini mengaku sangat bangga dan senang bisa membawa harum nama Sumut di kancah nasional.

"Yang pasti semakin termotivasi apalagi ini Kejurnas pertama saya. Awalnya memang enggak menyangka karena lawannya juga berat di kelas 60 kg apalagi atlet sambo dari Jawa. Tapi berkat kerja keras saya bisa melalui fase berat tersebut," katanya, Minggu (27/1/2019) lewat sambungan selular.

Baginya kunci kemenangan bisa meraih emas adalah latihan keras dan tuntunan Tuhan yang dirasakan saat bertanding.

"Puji Tuhan pastinya ini semua karena berlatih keras dan berdoa. Bahkan setelah inipun yang paling pasti tetap rendah hati. Karena akan banyak tantangan dan kejuaraan yang akan saya ikuti," tegasnya.

Di laga final, Fani menghadapi atlet asal Jawa Tengah Veri Tri Antika sebelum akhirnya memastikan medali emas.

"Kalau teknik yang paling saya suka itu apalagi di partai final itu teknik bantingan. Ini paling efektif sampai bisa meraih medali emas dan itu sangat mengharukan," tuturnya.

Para peraih medali emas ini berikutnya akan dipersiapkan menuju Tim SEA Games 2019 di Filipina akhir tahun mendatang.

Anak pasangan Ojaktua Sinaga dan Kamri Naibaho mengaku memiliki hasrat bisa menembus skuat utama Timnas Sambo Sea Games tersebut.

"Harapannya sih bisa ikut, memang dari saya kecil punya mimpi buat berangkat. Tapi itu semua memang tergantung kelas yang dipertandingkan di Sea Games. Bila kelas 60 kg dipertandingkan ada kemungkinan saya akan turun. Tapi yang paling penting saya bisa berlatih dengan keras mempersiapkan diri," sebutnya.

Terakhir ia menyebutkan bahwa dukungan dari orang tua serta wejangan dari pelatih yang membuat dirinya tetap bisa kuat hingga meraih gelar nasional.

"Orang tua selalu memberikan perhatian terlebih lagi waktu saya berangkat Kejurnas ini. Terus saya ditanya dan diberi semangat sebelum bertanding. Terutama saya juga berterimakasih pada coach Ishan Silalahi yang terus memberi motivasi agar tak pernah cepat puas," tutup Fani.

Informasi yang dihimpun Tribun, pada Kejurnas Sambo 2019 ini, Tim Sumut berhasil menggondol 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Emas lainnya berhasil diraih Reymond Simanjuntak (57 kg) serta perak Edwin Tio dan perunggu Teguh Wijaya.

Nama: Stephanie Grageoka Sinaga.
TTL: Perawang, 20 juli 1999
Ayah: Ojaktua Sinaga
Ibu: Kamri Naibaho

Prestasi:
- Meraih perunggu pada kejuaraan Porprov Medan 2014
- Meraih emas Kejurnas Yongmoodo 2018 kelas -65 kg di Denpasar Bali
- Meraih emas Kejurda Gulat 2017 kelas 60kg di Tanjungbalai
- Meraih perak Piala Gubsu 2017 kelas 57 di Medan
- Meraih emas pada Kejurnas Sambo 2019 di Ciloto, Jabar.

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah