Cari

Cap Badak, Pelopor Minuman Soda Berkarbonasi Pertama di Indonesia Asal Kota Pematangsiantar

Posted 14-03-2019 14:32  » Team Tobatabo
Foto Caption: Soda Cap Badak

SIANTAR - Diantara segudang minuman soda berkarbonasi yang cukup populer di Indonesia seperti Coca Cola,Sprite, Fanta atau Pepsi, tahukah kamu, kalau Indonesia sebenarnya memiliki minuman soda pertamanya. Nama minuman soda pertama milik Indonesia adalah Cap Badak.

Seperti dilansir Good News From Indonesia Minuman bersoda Cap Badak dibuat oleh pabrik NV Ijs Fabriek Siantar di Pemantang Siantar pada tahun 1916. Sementara Coca Cola baru masuk ke Indonesia tahun 1927.

loading...

Dulu minuman soda Cap Badak memproduksi minuman soda berbagai rasa, antara lain rasa jeruk, sarsaparila, dan soda murni.

NV Ijs Fabriek Siantar didirikan oleh pria kebangsaan Swiss bernama Heinrich Surbeck. Namun usai proklamasi kemerdekaan, Surbeck dibunuh oleh rakyat yang merasa jengah dengan penjajah.

Lalu pada tahun 1969 pabrik tersebut dibeli oleh pengusaha asli Siantar. Dan pada tahun 1971, NV Ijs Fabriek Siantar resmi berubah menjadi PT Pabrik Es Siantar.

Saat ini PT Pabrik Es Siantar masih memproduksi minuman bersoda Cap Badak namun jumlah produksinya sudah banyak berkurang, karena persaingan minuman bersoda yang semakin ketat seiring perkembangan zaman. PT Es Siantar kini fokus memproduksi minuman soda Cap Badak varian rasa sarsaparila dan soda murni.

Varian Sarsaparila masih menjadi favorit hingga saat ini dan masih sering ditemui di beberapa restoran. Sarsaparila sendiri memiliki rasa khas tumbuhan herbal asal Mexico.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah