Cari

Bupati Batubara Minta Lestarikan dan Kembangkan Budaya Etnis Batak

Posted 12-04-2019 12:40  » Team Tobatabo

BATUBARA - Melalui kegiatan pagelaran seni budaya etnis Batak, Bupati mengajak masyarakat agar melestarikan dan mengembangkan seni budaya khususnya budaya etnis Batak yang ada di Kabupaten Batubara sehingga semua program pemerintah  bersama rakyat Batubara dapat disukseskan.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Batubara pada Pagelaran seni budaya Etnis Batak yang melingkupi Batak  Toba, Simalungun, Karo dan Mandailing/Angkola diadakan  di Singapore Land Desa Perjuangan Kecamatan Sei Balai Kab. Batubara, Rabu (10/04).

"Harapan kita bersama kiranya kegiatan ini dapat berdampak positif bagi seluruh elemen masyarakat dan juga menambah kepedulian terhadap budaya yang ada di Batubara", harap Bupati.

Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum mengutarakan sesuai thema pagelaran 'Kita sukseskan program Pemerintah dengan meningkatkan peranserta masyarakat Batubara' diharapkan dapat diilhami dengan kebersamaan. Dengan memahami keberagaman dapat sebagai pendukung dan modal dasar dalam rangka meningkatkan pembangunan nasional yang sedang berkembang di wilayah Kabupaten Batubara.

Kapolres yang terkenal familiar itu  pada sambutannya menyampaikan ucapan khas semua etnis Batak yang bermukim di Kabupaten Batubara.

Dijelaskan Kapolres, disemua etnis Batak dikenal  falsafah  sebagai  struktur kedudukan  yang intinya adalah Hula-hula ( keluarga pihak istri) sebagai pihak yang paling dihormati pada struktur adat Batak. Kemudian Dongan Tubu ( keluarga semarga) dan Boru ( keluarga dari pihak suami perempuan Batak).

Meski begitu diungkapkan Kapolres yang beristrikan Boru Pasaribu di struktur adat Batak tidak dikenal istilah kasta dalam sistim kekerabatan Batak. Sesuai konteksnya semua masyarakat Batak pasti pernah menjadi Hula-hula, juga sebagai Dongan Tubu dan juga sebagai Boru.

Karena seorang Batak pada suatu waktu menempatkan diri dalam posisi Hula-hula. Dilain waktu menjadi Dongan Tubu dan dilain kesempatan menjadi Boru.

"Semoga Batubara menjadi ikon keharmonisan antar  etnis ditengah-tengah bangsa Indonesia", harap Kapolres.

Sebelumnya Ketua Panitia Abdul Lutfi Panjaitan mengapresiasi inisiatif Kapolres Batubara dan disupport sepenuhnya oleh Bupati Batubara sehingga pagelaran seni budaya etnis Batak dapat terlaksana. "Semoga kegiatan ini dapat mempererat etnis Batak dan etnis lainnya di Batubara", harap Panjaitan.

Dikatakan Panjaitan, tujuan pagelaran sesuai thema  untuk meningkatkan peranserta  masyarakat mendukung Pemkab dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Batubara.

"Kami berharap bimbingan  kepada orangtua kami agar kami dapat melangkah untuk lebih baik lagi", harap Camat Sei Balai itu.

Ketua DPRD Batubara Selamat Arifin, SE. M. Si menyampaikan apresiasi atas perhatian penuh Kapolres Batubara  yang ditengah kesibukannya menyempatkan diri  menggagas banyak kegiatan kemasyarakatan di Batubara.

"Semoga dengan kegiatan ini masyarakat Batubara bersatu dan kompak dibawah kepemimpinan Bupati Ir. Zahir", ujar Selamat.

Apresiasi juga disampaikannya  kepada  etnis Batak yang begitu luar biasa kekompakannya seperti yang terlihat dari kegiatan pagelaran ini.
"Ini  membuktikan Batubara luar biasa. Tidak ada terpecah belah dan tetap kompak antar etnis", ungkap Caleg DPRD Provsu Dapil 5  dari Partai Golkar tersebut.

Hadir Bupati Batubara Ir. H. Zahir, MAP, Ibu Ketua PKK Maya Zahir, Ketua DPRD Batubara Selamat Arifin, SE. M. Si, Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf. Sri Marantika Bruh, S. Sos.

Juga hadir pimpinan OPD Batubara, para Camat, Kades/ Lurah se Kabupaten Batubara,  mewakili  Kajari Batubara, Ketua FKUB Batubara Adnan Haris, owner Singapore Land Pangaribuan.para Kasat dan Kabag serta Kapolsek se jajaran Polres Batubara dan sekitar 3000 warga Batak.

Hadir juga Caleg DPRI dari PDIP Junimart Girsang, Caleg DPRD Batubara Suriono, ST yang juga Ketua DPD Pujakesuma Batubara dan Jalasmar Sitinjak,  Ir. Pirdot Lumban Tobing caleg DPRD Provsu dari PDIP  yang juga Ketua Etnis Batak Batubara,  Jumiran Abdi yang juga Caleg DPRD Provsu dari PDIP. (ebson ap/mk)

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah