Cari

Jemaat HKBP Kayu Tinggi Protes, Pendeta Haposan Dipaksa Turun, Mimbar Pecah

Posted 02-07-2019 12:19  » Team Tobatabo

Gejolak ditubuh gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kayu Tinggi kian hari kian memanas. Disinyalir sebagai pemicu terjadinya kisruh ini akibat lambannya penanganan konflik oleh kantor pusat HKBP Pea Raja Sipoholon Tarutung Taput-sumut.

Salah Satu anggota jemaat HKBP Kayu Tinggi (Pak Napitupulu-red) menyampaikan dengan lugas kepada awak media bahwa awal mula semua ini adalah akibat Pendeta makan uang, hal ini bukan kami ( jemaat HKBP Kayu Tinggi-red) yang ngomong tapi ini murni audit pihak eksternal pareses, surat hasil auditnya pun jelas ada tutur pak Napitupulu kepada wartawan.

HKBP Tanah Tinggi

loading...

Kisruh HKBP Kayu Tinggi ini sudah berlangsung lama, bahkan persoalan ini sejatinya sudah diredam oleh Pihak Ephorus HKBP dengan mengirimkan surat kepada jemaat agar bisa menahan diri hingga pada 06 juni 2019 ini, saat ini warga jemaat pun cooling down ( menahan diri ) alhasil tiba tgl yang di janjikan EphorusHKBP dinilai jemaat hanya isapan jempol sehingga mereka berontak lagi.

Peristiwa ini terpantau awak media telah berkali kali viral di Grup Facebook Gereja HKBP dalam Video dan gambar, Ini salah satu Postingan terakhir oleh pak Napitupulu pada tgl 28/06 lengkap video didahului tulisan pendek Narasi terkait upaya jemaat menyuarakan agar pendeta di usir alias dipindahkan :

Gerakan ruas HKBP Kayu Tinggi menolak keras Pdt Haposan Sianturi. Berawal dari rencana upaya Pdt Haposan Sianturi memecat Parhalado yg kontra, dan lalu akan mengangkat calon parhalado yang mendukungnya. Ruas yang berkumpul mengawal Parsermonan, bergerak ke ruang konsistori utk menentang keputusannya.

Puluhan orang kaum bapak dan ibu jemaat HKBP Kayu Tinggi dengan kerasnya menggeruduk parsermonan parhalado untuk menuntut supaya Pdt Haposan Sianturi segera angkat kaki dari HKBP Kayu Tinggi. semua terjadi chaos!!

Surat Putusan HKBP

Sekeluarnya dari ruang konsistorium, Pdt Haposan sianturi dan parhalado pendukungnya, disoraki massa yang unjuk rasa di luar gereja. Pdt haposan sianturi keluar dikawal para pendukungnya, tetapi tekanan massa tak terhindarkan.

Menurut beberapa nara sumber yang berhasil diwawancarai oleh media ini menyatakan bahwa Pendeta Haposan Sianturi ini merupakan tim sukses Ephorus yang menjabat saat ini makanya terkesan dibela dan ogah-ogahan memindahkan pdhal sudah terindikasi korup uang gereja. Bahkan pendeta HKBP Kayu Tinggi ini memainkan peran sistem Adu domba Jemaat, apabila ini tidak segera ditangani maka kami akan bikin lagi aksi lebih ekstrim yang bisa mengakibatkan chaos di gereja pungkasnya bersemangat

Dikutip dari Oborkeadilan.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah