Cari

Kutipan Menarik - Aku seorang Pembunuh (Anjing)

Posted 06-08-2013 10:01  » Team Tobatabo

Anda tau Lapo? Lapo adalah rumah makan batak yang menyediakan makanan dan minuman khas batak. Seperti B1 (daging anjing/ RW)disebut B1 karena bahasa batak anjing adalah BIANG dan huruf B nya hanya satu , B2 ( Daging Babi) tentu saja karena huruf B nya ada 2,BPK (babi Panggang Karo),  Arsik, serta tuak tentunya, dan kadang ada juga lapo yang menjual daging kuda, khususnya kampungku. Namanya Doloksanggul sekitar kurang lebih 330 Km dari kota Medan. 

Di Doloksanggul Pekan Besar hanya terjadi sekali seminggu dan orang batak menyebutnya “ Onan” . Saya juga tidak tau persis asal mula kenapa disebut namanya “Onan” tapi saya yakin itu bukan dari salah satu nama Tokoh dalam Alkitab, sebab pengertian dan kegiatan didalamnya sangat jauh berbeda.  

loading...

Kalau Onan dipisah menjadi 2 kata maka bahasa bataknya adalah "On=ini" dan An= itu maka menjadi onan= ini itu .. MUNGKIN saja itu pengertiannya sebab kita tahu para pembeli selalu memilih barang yang mau dibeli on=ini atau An=itu.. hahaha namun itu hanya pendapat saja.  Para Petani datang menjual hasil taninya ketika Onan berlangsung dari Subuh Hingga malam. Onan juga berlangsung di suatu tempat yang ditentukan disetiap Kecamatan.

Onan atau hari pekan mingguan tersebut  bukan hanya menjadi kesempatan berdagang bagi para petani, namun bagi warga lain seperti orang tua saya membuka Kios tempat orang makan dan melepas dahaga yang sering disebut Lapo.

Onan khususnya di Doloksanggul  terjadi hari Jumat. Dan jualan orang tua saya sudah disiapkan pada hari kamis. Dan pada hari kamis inilah saya melakukan  Pembantaian terhadap anjing dan “Lomok-Lomok” ( Babi berukuran sedang sekitar 20 – 40 Kg) yang akan dijual keesokan harinya. 

Saya jg tidak tau mengapa kebanyakan para pelanggan hanya mencari B1 ( Daging anjing) ke tempat kami. Beberapa dari mereka setelah saya Tanya kenapa mereka menyukai B1 ditempat kami dan mereka menjawab karena masakan orang tua saya yang khas serta bumbunya yang pas. Dan sebagian menjawab karena B1 hanya dijual pada hari Onan, sementara B2 banyak dijual mentah pada hari biasa.

Memang jika harus memilih antara B1 dan B2 saya lebih memilih B1 apalagi Ginjalnya ketika baru selesai direbus matang. Ginjal anjing memang kecil namun ketika digigit dan dikunyah rasanya nikmat. Kadang kala juga setelah sudah matang direbus saya bongkar kepalanya yang telah remuk oleh pentungan yang kuarahkan ke kepalanya ketika pembantaian. Kemudian Otaknya kuambil serta ku campur dengan bumbu ( asam, cabai, garam, andaliman) dan kunikmati dengan segelas kopi.. rasanya ruaaaaarr biasa!!

Mungkin sebagian diantara pembaca merasa geli namun Seperti kata pak SF coba lah minimal sekali..…  :)

SUMBER

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah