Cari

Kejuaraan Solu Bolon FDT, Tim Samosir Raih Juara 1 dan 3

Posted 12-09-2013 12:25  » Team Tobatabo

Peserta Solu Bolon adu kecepatan pada FDT 2013. (Foto: Dhev Bakkara)

SAMOSIR- Juara satu lomba solu bolon untuk jarak 1.000 meter, pada Festival Danau Toba (FDT) diraih Tim Solu Kabupaten Samosir (Pangururan), juara dua diraih Lamtama I Belawan dan juara tiga diraih HKBP Pangururan Kabupaten Samosir. Sedangkan tim solu Simalungun tumbang di perempat final, Rabu (11/9).

Pantauan METRO di lokasi perlombaan, satu tim solu berjumlah 22 orang, 20 pendayung, satu pemandu arah dan satu penabuh gendang. Jumlah peserta sebanyak 20 tim.

Ke-20 tim yang mengikuti perlombaan solu bolon pada FDT 2013 di Samosir, antara lain Angkasa Pura 2 A, Simalungun, Batubara, Sergai, Bintang Marlumba, Aquapam, KND, Lugahon, Lantamal 1 Belawan, Lanal Sibolga, Angkasa Pura B, Tobasa, Yasop, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, KHKBP Pangururan, Popsir, Humbahas.

Kejuaraan itu mengambil start di di Tio Bieds dan finish di Pantai Duma Sari.

Kepada wartawan, di lokasi perlombaan, Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan, perlombaan solu bolon ini dilakukan dengan sistem gugur. 20 tim dibagi empat kelompok. Setiap kelompok terdiri lima tim yang akan dipertandingkan dan setiap pertandingan, tiga tim akan maju ke babak selanjutnya, di mana akan diambil enam finalis.

Menurut Mangindar Simbolon, perlombaan solu bolon ini juga merupakan ikon pada FDT 2013 dan sangat menarik untuk ditonton. Seluruh tim diharapkan bertanding sportif, sehingga membuat suasan nyaman bagi pengunjung.

“Kegiatan solu bolon merupakan ikon kita dan dari sisi tontonan sangat menarik. Kita harapkan, seluruh tim solu agar bertanding dengan sprotif, sehingga bisa membuat suasana yang menarik,” imbaunya.

Dia menambahkan, dulunya solu bolon merupakan alat transport bagi rakyat di seputaran Danau Toba untuk menyeberangi dari satu daerah ke daerah lain,” ucapnya.

“Dulunya solu bolon dibuat utuh dari. Satu batang kayu. Satu pohon, kemudian ada ornamen-ornamennya. Warnanya juga warna Batak, merah, putih dan hitam dan tidak dipertandingkan,” ucapnya.

”Dalam pertandingan solu bolon 2013 di Samosir, juara satu akan mendapat hadiah berupa uang sebesar Rp30 juta,” jelasnya.

festival FDT solu bolon dan paralayang

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah