Cari

Prospek Cerah Bisnis Sewa Property di Balige

Posted 14-11-2013 10:42  » Team Tobatabo

Permintaan kebutuhan tempat tinggal sebagai rumah hunian di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) saat ini semakin meningkat. Terbukti, banyak rumah sewa berdiri dan seluruhnya terisi. Pantauan MedanBisnis, sebagai hunian yang penduduknya padat di Kecamatan Balige antara lain Kelurahan Pardede Onan, Kelurahan Balige III, Kelurahan Balige II, Kelurahan Haumabange, Soposurung, Sibolahotang, Napitupulu dan Sangkarnihuta. Dari keseluruhan daerah tersebut selain jumlah penduduknya padat juga diikuti berbagai kegiatan usaha seperti warnet, menyirat ulos, berdagang, beternak dan lainnya.

Warga Kelurahan Balige II, Wasinton Tampubolon mengatakan, pertambahan jumlah penduduk di daerah itu dalam kurun waktu setahun terakhir sangat signifikan. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya rumah hunian kontrakan atau sewaan seluruhnya terisi. 

Bahkan, disebutkan dia, beberapa rumah kontrakan di daerah itu yang sedang dibangun semuanya sudah dipesan oleh penyewa. "Di sini rumah kontrakan sudah semua terisi, bahkan bangunan yang masih dipondasi saja sudah dipesan oleh orang yang mau memakainya," ujar Wasinton, Rabu(13/11) di Balige.

Dia mengatakan, sebagai kegiatan warga yang menyewa rumah hunian di daerah itu berbagai macam. Mulai dari pejabat hingga pedagang keliling semuanya hidup rukun dan berdampingan dan masing-masing menjalankan aktivitasnya tanpa mengganggu yang lainnya. "Mereka semua adalah pendatang yang bertaruh untuk mencari hidup di Balige ini, apakah itu pejabat ataupun pedagang," ungkapnya.

Sama halnya di Kelurahan Sangkarnihuta dan merupakan salah satu daerah kelurahan terpadat di daerah itu. Kegiatan masyarakat yang tinggal di daerah itu kebanyakan adalah pedagang atau wirausahawan dan beternak.

"Di kelurahan ini banyak rumah sewaan dengan harga bervariasi, mulai dari harga terendah Rp 150.000 per bulan hingga Rp 500.000 per bulan, sekalipun sudah padat, masih banyak orang berdatangan untuk mencari rumah kontrakan," kata warga Jisman Napitupulu. 
(tumbur tumanggor)

Sumber medanbisnisdaily.com

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah