Ribuan Masyarakat Ikut Simulasi CPNS di USU

Posted 23-07-2014 00:43  » Team Tobatabo

MEDAN - Ribuan masyarakat  Kota Medan dan sekitarnya tampak antusias mengikuti simulasi serta Talk Show Seleksi CPNS Berprestasi, Bersih, Profesional, Tanpa Korupsi, di Auditorium USU, Selasa (22/7/2014) siang.

Dari pengamatan Tribun Medan di lokasi Auditorium ribuan peserta tersebut tampak antusias mengantri agar dapat memasuki ruang Auditorium serta menjawab soal simulasi dari komputer yang disediahkan panitia.

Ketua panitia acara, sekaligus menjawab, Head Of Marketing Jobs DB, Bayu J. Wirjoatmodjo mengatakan pergelaran simulasi digelar pada beberapa kota besar di Indonesia sebagai bentuk sosialisasi pelaksanaan CPNS 2014 yang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Acara ini diikuti sekitar 2500 peserta. Namun demikian, ada sekitar 6000 peserta yang mendaftar melalui online. Sehingga kami menutup simulasi hanya 2500 peserta saja. Kepada peserta yang dinyatakan tidak dapat mengikuti kegiatan ini kami kirim email balasan dengan penyataan atau verifikasi belum beruntung untuk menjadi pendaftar," katanya

Dia menjelaskan kisi-kisi simulasi hanya mencangkup materi soal TKD seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) tentang empat pilar kebangsaan indonesia yang meliputi pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta NKRI. Selain itu, panitia melakukan tes intelegensi umum dimaksud untuk menilai kemampuan verbal, berpikir logis, kemampuan numerik dan berpikir analitis.

"Kemudian ada juga Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang dimaksud untuk menilai integritas diri, Semangat berprestasi dan kreativitas dan inovasi dan orientasi pada pelayanan.
Simulasi saya mengajak ke Kemenpan langsung, dibuat badan kepegawaian nasional dilakukan test hanya 25 soal, hasilnya langsung dapat diakses melalui nilai di monitor. Adapun waktu hanya 10 menit kita sediahkan 70 leptop untuk test," ujarnya.

Selain itu, kata dia, kegiatan serupa telah digelar pada lima kota di Indonesia seperti di Bandung, Semarang, Denpasar, Surabaya, Makassar dan terakhir di Kota Medan. Bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini tak dikutip biaya alias gratis. Sehingga seluruh pendanaan dan pelaksanaan yang keluarkan Jobs DB

"Antusias peserta di Kota Medan sangat luar biasa, jika dibandingkan dengan kota lain di Indonesia. Adapun skema acara talk show pertama tentang proses seleksi cpns seperti mekanisme, kemudian materi kedua dari Ombudsman dan ketiga ICW. Khusus di Kota Medan ICW tak memberikan meteri," katanya.

Dia mengemukakan, meteri yang disampaikan oleh Ombudsman tentang pengawasan kinerja serta proses seleksi dan proses ujian. Perwakilan Ombudsman akan menceritakan hal-hal apa saja untuk mengawasi proses penerimaan PNS.

"Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Kota Medan. Namun, dari beberapa kota lain, seperti Stabat, Binjai, Pakam, Tanjungmorawa, dan Padangsidempuan dan kebayakan dari Medan. Seluruh peserta datang dengan membawa perefikasi kemudian dapat duduk sembari nonton film," ujarnya.

Sumber TribunMedan

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI