Berkeliling dan Berbelanja di Sumatera Utara Sembari Menikmati Keindahan Alam Danau Toba

Posted 23-07-2014 01:45  » Team Tobatabo

Jika Anda berada di Samosir, gunakan waktu untuk menjelajahi pulau dengan mengendarai mobil di sekitar tepi pulau. Sewalah motor untuk menjalajahi bagian tempat yang indah ini sambil rasakan hembusan angin yang sejuk. Meskipun jalannya tidak beraspal dan berliku-liku, jalanan ini memberikan pemandangan danau yang spektakuler dari puncak tertinggi pulau.

Jika Anda menginap di Tuk Tuk maka cara tebaik untuk menghabuskan waktu adalah dengan berjalan kaki santai menuruni jalan sambil melihat pemandangan alam yang elok. 

Balige

Balige adalah sebuah kecamatan sekaligus ibu kota Kabupaten Toba Samosir. Menikmati Danau Toba dari Balige bisa dibilang menikmati Danau Toba dari Sisi yang berbeda. Kotanya sejuk, dan banyak sekali spot destinasi wisata yang belum diketahui banyak orang. Misalnya, panorama Danau Toba dari Bukit Pahoda, Pasar Tradisional Balige yang di dalamnya banyak sekali terdapat penjual ulos serta kuliner seperti mie  yang murah dan enak. Setelah menikmati alam dan budaya kota Balige, Anda bisa langsung menuju ke Pulau Samosir yang memiliki pantai berpasir putih nan menawan.

Di Balige terdapat sebuah museum yang khusus memuat barang-barang peninggalan sejarah di tanah Batak, yaitu Museum Batak T.B. Silalahi, yang juga didirikan oleh seorang putra Batak yaitu T.B. Silalahi. Selain Museum Batak, tempat wisata andalan Pantai Lumban Silintong dan Tara Bunga, tempat eksotik di tepi Danau Toba. Terdapat juga makam pahlawan terkenal dari tanah Batak, Pahlawan Sisingamangaraja XII.

Banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi di Balige, seperti Bukit Pahoda, Pasar Tradisional Balige (disini jangan lupa mencoba Mie Gomak). dan yang suka dengan kain Ulos bisa berburu di Pasar Tradisional Balige ini. Hal unik dari Balige adalah becak mesin terbuat dari Vespa dan Pasar tradisional (onan) yang berbentuk Sopo.

Brastagi

Apabila di Bogor ada wisata puncak maka Medan memilki Brastagi yang juga sejuk di atas perbukitan. Di Brastagi Anda dapat menikmati pemandangan menghijau dan Gunung api Sinabung dan Gunung Sibayak. Brastagi terkenal sebagai produsen sayur dan buah-buahan terutama markisa. Di Brastagi, ada Air Terjun Sipiso Piso dimana lokasinya dikelilingi jurang yang sangat dalam. Pemandangan sekeliling air terjun yang berketinggian 130 meter ini sangat indah. Danau Toba terlihat dari puncak Brastagi. Dan di sebelah Danau Toba ini pun terlihat Air Terjun Sipiso Piso. Setelah puas melihat Danau Toba dari puncak Brastagi Anda dapat menuruni anak tangga menuju air terjun.

Untuk menuju Brastagi maka Anda sebaiknya menyewa mobil karena Angkutan umum dari Medan ke Brastagi terbatas. Dari Medan ke Berastagi naik minibus Borneo di naik dari daerah simpang Pos.ongkos Rp8,000,- Dari Berastagi ke Parapat: Berastagi – Kabanjahe naik angkot Rp3000,- Kabanjahe – Pematang Siantar minibus Sepadan Rp16,000,- Pematang Siantar – Parapat naik L300 Rp10,000,- Parapat – pelabuhan ferry ajibata naik angkot Rp2000,- Ferry penyebrangan Ajibata – Tuktuk Rp7000,-.

Berbelanja

Di Parapat Anda dapat membeli cenderamata berupa kaos dan aksesoris seperti kalendar Batak kuno dengan tulisan asli Batak, gitar Batak dari kayu dan beragam souvenir unik lainnya. Ada juga pasar tradisional yang digelar dua kali seminggu.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh unik bahkan antik cobalah berbelanja di Samosir. Kunjungi juga Jangga (desa tradisional) jika Anda tertarik untuk membeli kain ulos yang terkenal dengan motif dan tenunannya yang halus, Anda bahkan dapat melihat langsung cara menenun kain ulos. Kain ini didominasi warna merah, hitam dan putih yang biasanya ditenun dengan benang berwarna emas dan perak. Kain ulos beragam jenis, diantaranya: bintang maratur, ragiidup, sibolang, ragihotang, mangiring dan sadum.

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI