Cari

Menurut Kitab Siraja Batak Manusia Bermula dari Ayam Kulambu Jati

Posted 19-12-2014 14:15  » Team Tobatabo
Foto Caption: Ilustrasi Kitab Batak Laklak

Dalam Kitab Siraja Batak bahwa asal mula manusia adalah bermula dari Ayam Kulambu Jati yang bertelur 3 menetas dan lahir manusia laki-laki dan ayam tersebut bertelur lagi yang telurnya 3 buah ruas bambu, dieram selama 1 tahun dan menetas, lahirlah 3 orang wanita merupakan awal mulanya wanita.

Kejadian ini ketika bumi ini belum ada, yang ada hanyalah benua atas.

Inilah awal terjadinya manusia menurut Suku Batak Indonesia. Agama dan kehidupan orang Batak berpatokan pada kitab ini.

Hampir seluruh kehidupan orang Batak sehari-hari selalu berprinsip pada adat, budaya dan agama. Selalu menyatu seiring sejalan pada jaman dahulu kala.

Siraja Batak merupakan salah satu Suku Bangsa yang sangat besar di dunia karena memiliki seluruhnya ciri khas antara lain, aksara, bahasa, budaya, adat, suku bangsa, rumah, musik, hari, bulan, beladiri, hukum, undang-undang, pengobatan, filsafat, agama, dll.

Namun misteri Siraja Batak ini telah hampir punah semenjak meletusnya Gunung Pusuk Buhit I 73.000 tahun yang lalu dan meletusnya Gunung Pusuk Buhit II 2.000 tahun yang lalu, namun dengan ilham yang saya terima saya akan mencoba mengakses kepada dunia sedikit mengenai Batak apa dan siapa itu Batak pada jaman dahulu kala melalui tobatabo.

Namun belum lengkap sebab tobatabo ini hanyalah sekedar melengkapi bahan untuk mengikuti kongres Paranormal Sedunia pada bulan Mei - Juni 2006 di Austria.

Namun demikian sedikit banyaknya bagi orang yang membaca artikel ini akan lebih mengerti siapa itu Siraja Batak pada jaman dahulu kala.

Dalam kehidupan Siraja Batak Tua telah mempunyai penuntun dan petunjuk hidup yang turun kebumi bersama Siraja Odap-odap dan Siboru Deak Parujar.

Dari seluruh tatanan kehidupan Siraja Batak yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Siraja Batak mempunyai 9 kitab antara lain :

  • KITAB BATARA GURU
  • KITAB DEBATA SORISOHALIAPAN
  • KITAB MANGALA BULAN (Merah) : Satu — Dua
  • KITAB DEBATA ASI-ASI (Kuning)
  • KITAB BORU DEBATA (biru)
  • KITAB PENGOBATAN : Satu — Dua — Tiga — Empat
  • KITAB FALSAFAH BATAK
  • KITAB PANE NABOLON : Satu — Dua
  • KITAB RAJA UHUM MANISIA

Artikel ini ditulis oleh Prof.M.Sorimangaraja Sitanggang dan dipublish sebagai bahan untuk kongres paranormal sedunia di Jerman dan Austria (Shamanism and Healing Association)

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah