Ini Dia Tradisi Mandok Hata Saat Merayakan Tahun Baru Dalam Keluarga Batak

Posted 23-12-2014 11:11  » Team Tobatabo

Tahun baru merupakan sebuah momen yang cukup di tunggu mayoritas masyarakat Batak. Selain karena memang kebanyakan orang Batak beragaman kristen, ini juga dikarenakan tahun baru adalah moment silaturahmi dan saling memafaatkan dengan sanak saudara lainnya.

Tapi mungkin banyak diantara kamu mengetahui hal apa yang di lakukan orang Batak dalam merayakan pesta tahun baru. Nah kali ini tobatabo akan coba menjelaskan beberapa kebiasaan orang batak dalam merayakan tahun baru.

Acara tahun baru biasanya akan dimulai pukul 24:00 WIB, buat yang di bonapasogit, biasanya waktu acara dimulai ditandai dengan suara gema lonceng dari gereja terdekat. Para anggota keluarga yang tidur akan dibangunkan, sedangkan yang lain akan mempersiapkan segala sesuatu untuk memulai acara, seperti tikar, lilin, alkitab dan buku lagu, serta hal-hal lainnya.

Berikut susunan acara pesta tahun baru versi orang Batak :

  • Pembukaan biasanya dipimpin yang dituakan dalam keluarga
  • Bernyanyi Lagu-lagu Pujian lyang menjadi lagu wajib tak ketinggalan lagu ''naung salpu taon naburuki''.
  • Permintaan Maaf, yang di lakukan secara satu per satu ke semua seoran yang berkumpul pada saat itu,jika terlalu banyak mungkin di wakilkan dari kelompok usia.
  • Mandok hata, biasanya moment ini menjadi acara paling mendebarkan, karena disini kita mengungkapkan apa yang ada dalam hari dan pikiran kita selama ini
  • Menyantap Hidangan, sesi ini biasanya mencairkan suasana menjadi lebih hangat dan lebih cool down, biasanya keluarga akan menghidangkan roti-roti dan biskuit olahan sendiri ataupun yang dibeli dari pasar.
  • Doa Penutup, di pimpin oleh orang yang di tua kan
  • Salam-salaman, saling memaafkan biasanya dimulai dari yang paling kecil atau bungsu, diakhiri oleh para orang tua.
  • Minum-minuman, selesai acara ini biasanya menjadi acara bebas, anak-anak akan bermain menyalakan kembang api atau petasan.

Biasanya selesai acara kebanyakan orang akan menghabiskan waktu bergadang sampai pagi. Mulai dari ngobrol bernostalgia atau sekedar mengunjungi dan bermaafan dengan tetangga. Pagi hari umat kristiani biasanya akan berangkat bersama ke gereja untuk doa syukuran tahun baru.

Mungkin diantara kamu punya acara berbeda, jangan lupa share di kolom komentar dibawah ya. 

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI