Cari

Menikmati Sisi lain Alam Danau Toba dari Kota Balige

Posted 10-02-2015 17:20  » Team Tobatabo

FOTO: Keindahan Sunset di Danau Toba yang mempesona

Banyak anggapan, pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara hanya itu-itu saja. Hal ini dikarenakan sebagian besar pengunjung Danau Toba biasa menempuh jalur darat dari Medan ke Parapat atau ke Brastagi. Padahal, ada rute lain menikmati Danau Toba dari Balige. Untuk menuju ke sini, wisatawan bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta atau dari Batam ke Bandara Silangit di Balige.

Menikmati Danau Toba dari Balige bisa dibilang menikmati Danau Toba dari Sisi yang berbeda. Kotanya sejuk, dan banyak sekali spot destinasi wisata yang belum diketahui banyak orang. Misalnya, panorama Danau Toba dari Bukit Pahoda, pasar Tradisional Balige yang di dalamnya banyak sekali terdapat penjual Ulos serta kuliner seperti mie yang murah dan enak. Setelah menikmati alam dan budaya kota Balige, wisatawan bisa langsung menuju ke Pulau Samosir yang ternyata memiliki pantai dengan pasir putih menawan.

loading...

Kota Balige di Tobasa Toba ini merupakan salah satu destinasi Favorite saya di Indonesia, dikarenakan belum banyak Destinasi wisata yang belum terekspose dan juga suasana kota yang dingin. lebih dingin daripada kota kota lainnya di Sumatera Utara. 

yuk kita simak Destinasi dan objek Wisata apa saja yang ada di Balige Tobasa Danau Toba ini..

1.Bukit Pahoda

Bukit Pahoda Spot yang belum banyak orang tahu, bahkan Orang Batakpun belum banyak yang tahu Spot ini.

belum banyak yang tahu memang wisatawan tentang keindahan Bukit Pahoda, Balige. Untuk mencapai ke atas bukitnya pun butuh perjalanan yang tak mudah, jalan berliku dan naik keatas bukit. tetapi jalannya cukup landai ditambah udara sejuk membuat tidak terasa perjalanan. 

Untuk mencapai Bukit Pahoda ini, kita bisa lakukan dengan mengendarai kendaraan darat dari pusat Kota Balige bisa mengendarai kendaraan pribadi sekitar 30 menit.

bukit tolong balige

Di Bukit Pahoda kita juga bisa melihat Gunung Dolog Tolong yang indah.

Ada banyak cara untuk menempuh ke lokasi yang terletak di atas bukit. Seperti berjalan kaki atau trekking. Serta ada juga alternatif lain yaitu menaiki mobil jeep yang tak kala seru.

2. Pasar Tradisional Balige

pasar ulos balige

Penjual Kain Ulos di Pasar Tradisional Balige.

loading...

Pasar Balige di Tengah Kota ini merupakan Destinasi Wisata yang menarik, karena sudah terlihat dari jauh pasar ini dibuat dari Rumah adat Tradisional Batak. disini juga bisa ditemui banyak para penjual Tenun Ulos, harganya pun juga terjangkau. selain itu kita bisa melihat banyak aktivitas masyarakat Balige.

3. Musium Batak TB Silalahi

Rumah Adat Batak yang terdapat didalam Musium TB Silalahi.

Museum T. B. Silalahi Center adalah merupakan Museum pribadi dari T. B. Silalahi dan menurut saya Musium ini sangat lengkap dan terawat. selain menceritakan Jejak kehidupan Bapak TB Silalahi Musium ini juga mempunyai koleksi lengkap tentang budaya Batak. Musium ini cukup luas dan barang barangnya pun sangat terawat. bagi pencinta musium saya menyarankan untuk mengunjungi musium ini.

4. Fakta Unik Transportasi di Balige

Transportasi Tradisional di Kota Balige Tobasa Toba ini adalah Bentor, ya Becak Bermotor yang disingkat Bentor. tetapi yang unik Bentor disini semuanya menggunakan Vespa sebagai kendaraan utaramanya. setelah saya tanyakan ternyata karena Balige banyak bukit dan medannya cukup susah, Vespa terbukti handal disini ujar salah satu pengemudi Bentor.

5. Kuliner Tradisional di Balige

nah ini pasti yang ditunggu tunggu, ya Kuliner Kota Balige sangat enak. bahkan beberapa diantaranya merupakan Kuliner yang sangat dikenal enak. salah satu Kuliner khas Kota Balige ini adalah Mie Gomak, Mie yang dikenal sebagai Spaghetinya orang Batak. setelah mencoba Mie Gomak ini, ternyata rasanya sangat sangat enak. saya bilang inilah Masakan Mie paling enak di Indonesia, yang membuat enak selain bumbu rempahnya ternyata ada tanaman Andaliman yang dicampur di Mie ini. oiya kalau mau mencoba, saya sarankan untuk mencobanya di dalam Pasar Balige. harganyapun cukup terjangkau, semangkuk Rp 5000.

Mie Gomak, Mie khas Toba ini adalah Mie paling enak seIndonesia.

Selain Mie, ternyata di Balige Toba ini juga dikenal akan ikan air Tawar yang berasal dari Danau Toba. ya ikan ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan Mas dan beberapa jenis ikan lainnya diolah sedemikian rupa menjadikan rasanya nikmat. apalagi dicampur sambal khas Batak.

kan Mujair dengan bumbu sambal Tombur, asli sambalnya bikin nagih.

aneka macam kuliner ikan tawar dari Danau Toba,slurrpp..

Menuju Balige

dari Jakarta ada Pesawat Lion Air ke Bandara Silangit di Balige, memang harus transit dahulu di Batam. rute ini sangat menghemat waktu jika ada yang ingin ke Balige. atau dari Batam bisa ke Balige Bandara Silangit dengan Susi Air. lama perjalanan dari Batam ke Balige adalah 1 jam.

tuh kan masih banyak sisi lain dari Danau Toba yang belum kita tahu, Danau Toba tidak hanya dilihat dari Parapat maupun Brastagi. yuk mari kita mengeksplore keindahan alam dan budaya dari Danau Toba ini.

Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com  (www.alambudaya.com) (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com  (www.barrykusuma.com) (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma  (twitter.com)

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah