Cari

Lapo Batak di Jakarta Yang Wajib di Kunjungi Pecinta Masakan Bonapasogit

Posted 12-12-2015 00:58  » Team Tobatabo

Buat kita orang-orang Batak memang sangat sulit melupakan masakan-masakan yang ada di kampung halaman atau lebih sering di sebut bonapasogit. Jenis-jenis makanan batak memang sangat khas dan beraneka ragam dengan cita rasa yang sangat unik dibandingkan masakan-masakan nusantara lain. Dengan perpaduan bahan-bahan alami, rempah dan bumbu khas dari huta, membuat kita selalu terbayang-bayang ingin segera menyantapnya.

Makanan yang cukup populer dari bonapasogit yaitu pangang babi, saksang atau babi cincang, babi atau ikan na ni arsik, ikan na ni ura, sibahut na tinombur, ikkau rata (daun ubi tumbuk) santan, babi panggang karo, babi goreng semuanya dipadu dengan bumbu asli kampung seperti rias, mobe, rimbang, cabe, bawang batak, andaliman, semuanya berpadu menghasilkan hidangan-hidangan cantik nusantara.

Kalaupun tidak sempat memasaknya, biasanya makanan seperti ini banyak di jual di Lapo (restoran) Batak. Nah masalahnya kita orang rantau seperti di Jakarta ini, kadang kangen, galau, dan ingin sekali mencicipi makan ini minimal sekali sebulanlah pas habis gajian.

Nah, kepada akka dongan-dongan batak di Jakarta tidak usah cemas, tobatabo akan mencoba mendaftarkan Lapo-lapo andalan rekomendasi Tobatabo. Nah ini dia daftar Lapo Batak yang bisa anda coba kunjungi di Jakarta:

1. Lapo Tabo Bah

Lokasi: Rukan Emerald, Jl. Raya Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Harga Rata-rata: +- RP 50.000

Jenis Lapo: Batak Toba

Daging babi goreng

Lapo tabo bah berlokasi dekat Pantai Indah Kapuk atau lebih sering disebut PIK. Tempatnya yang lumayan nyaman, bisa menambah kenikmatan anda dalam bersantap bersama keluarga. Makanan yang menjadi rekomendasi disini adalah menu babi goreng, dipadu dengan sambal cabe hijau dan nasi putih, mampu membangkitkan selera makan anda. Rasanya yang lumayan krispi dan juicy membuatnya begitu gurih di mulut. Harga perposi juga tidak terlalu mahal, cukup dengan Rp 50.000 saja, anda bisa makan dengan nikmat.

2. Lapo Ni Tondong Ta

Lokasi: Jl. Gelora Los A1, Senayan, Jakarta

Harga Rata-rata: +- RP 20.000

Jenis Lapo: Batak Toba

babi goreng cabe rawit

Photo source: @indra_agung

Lapo Ni tondongta ini persis berada di samping pintu gerbang selatan gedung MPR, biasanya Lapo ini sangat ramai di kunjungi pada saat jam makan siang. Walaupun berada di kota harga makanan di lapo ini cukup murah hanya berkisar Rp 20.000 saja. Walaupun murah Lapo ini sangat banyak di kunjungi para orang kantor dan bahkan para anggota DPR/MPR. Rasa makanannya yang cukup khas membuat orang ketagihan datang ke sini. Menu yang di rekomendasi disini adalah panggang dan saksangnya, sangat cocok ditemani dengan daun ubi santan tumbuk ditambah nasi putih, yummii.

3. Lapo Marpadotbe

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No. 26, Rawamangun, Jakarta

Harga Rata-rata: +- RP 20.000

Jenis Lapo: Batak Toba

babi crispy

Kalau anda berdomisili di sekitar Rawamangun Jakarta Timur, tidaklah salah jika singgah di Lapo marpadotbe untuk mencicipi masakan khas Bataknya. Daging goreng disini cukuplah enak dicicipi langsung tanpa nasi, karena rasanya yang crispy dan dipadu cabe rawit yang segar. Rasanya yang manis memastikan anda bahwa itu bukanlah menjadi kunjungan anda yang terakhir untuk mencicipi masakannya yang lain.

4. Lapo Toba Dream

Lokasi: Jl. Dr Saharjo No. 90, Manggarai, Jakarta

Harga Rata-rata: +- RP 50.000

Jenis Lapo: Batak Toba

Lapo toba dream vicky sianipar

Lapo atau lebih sering disebut restoran toba dream cafe ini adalah milik salah satu musisi kondang Batak yaitu Vicky Sianipar. Lapo ini lebih identik sebagai tempat persinggahan untuk refreshing dan melepas lelah. Tapi masakan khas Batak yang disuguhkan juga cukup enak dan bisa diacungi jempol. Salah satu kelebihan lainnya untuk anda yang juga suka menonton live concert, dalam event-envent tertentu anda bisa datang bersantap sambil menikmati pertunjukkan di lapo ini.

5. Lapo Tapian Nauli

Lokasi: Jl. Binamarga No. 31, Cipayung, Jakarta

Harga Rata-rata: +- RP 40.000

Jenis Lapo: Chinese

Lapo Tapian nauli china

Sebenarnya Lapo ini hanya bernama Batak saja, pada dasarnya menu utama adalah masakan-masakan china, tapi karena china dan Batak memiliki kesamaan dalam hal selera makanan, maka Lapo tapian nauli juga menyediakan makanan Batak. Anda juga bisa menikmati Bakmi babi disini. Salah satu menu andalan adalah babi goreng. Cara masak dengan metode digoreng dan panggang membuatnya lebih crispy terutama bagian kulitnya. Harganya juga cukup variatif, misalnya seporsi daging goreng anda bisa nikmati hanya dengan RP 40.000 saja.

6. Lapo Dainang

Lokasi: Season City, Lantai 2, Dapur Asia, Jl. Prof. Dr. Latumenten No. 33, Tambora, Jakarta

Harga Rata-rata: +- RP 33.000

Jenis Lapo: Batak

Lapo dainang tambora

Untuk ada yang berada di sekitar daerah tambora mungkin Lapo dainang adalah yang paling cocok dan dekat dengan anda. Di lapo dainang anda bisa mencicipi rasa daging goreng dengan samabal cabe rawit dan rias andalannya. Hanya dengan Rp 33.000 anda bisa makan dengan puas dan nikmat. Rasanya yang nikmat membuat anda akan berniat untuk datang kembali mencicipinya.

Nah, itu beberapa lapo yang coba kami rekomendasikan disini. Sebenarnya cukup banyak lapo di jakarta yang menyajikan makanan khas Batak dengan rasa yang sangat asli dari Huta. Seperti restoran-restoran Batak di daerah Pasar senen, atau Lapo-lapo batak di sekitar cawang dan cililitan yang memiliki rasa yang tak kalah sedapnya. Nah buat anda yang mungkin punya rekomendasi Lapo atau restoran Batak lainnya, anda bisa taroh dalam kolom komentar, yang mungkin kemudian hari tobatabo bisa datang berkunjung untuk sekedar mereview pengalaman kuliner disana.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk dongan-dongan semua, dan salam Horas tobatabo.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah