Cari

15 Bupati dan Wali Kota di Sumut Dilantik Hari Ini di Lapangan Merdeka

Posted 18-02-2016 14:27  » Team Tobatabo

Foto: PLT GUBSU DAN KDH: Plt Gubsu HT Erry Nuradi melakukan foto bersama dengan KDh yang akan dilantik, Rabu (17/2) ini usai mengikuti Gladi Resik di Lapangan Merdeka, Selasa (16/2) petang.

Medan - Sebanyak 15 pasangan Bupati/Wali Kota dipastikan akan dilantik Plt Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi atas nama Mendagri Tjahjo Kumolo, Rabu (17/2) di Lapangan Merdeka Medan.

Kepastian pelaksanaan pelantikan  tersebut disampaikan  Kabiro Kerjasama dan Otda Setdaprovsu Jimmy Pasaribu kepada wartawan  melalui telepon, Selasa (16/2) di Medan. "Besok yang akan dilantik itu ada 15 KDh Kabupaten/Kota.  14 KDh merupakan hasil pemenang dalam Pilkada, dan 1 tidak hasil Pilkada, yakni Kabupaten Tapteng," ujarnya.

Meskipun sehari sebelumnya disebutkan bahwa baru 6 Kabupaten/Kota yang sudah turun SK-nya, dia menjelaskan bahwa SK Bupati/Wali Kota yang sudah sampai di tangannya  sudah  15 Kabupaten/Kota. Sehingga KDh di 15 Kabupaten/Kota inilah yang akan dilantik .  "Memang benar semalam yang masuk itu SK-nya baru 6 Kabupaten/Kota. Tapi, tadi sore ini, masuk lagi 9 SK pasangan Bupati/Wali Kota lainnya dan  akan kita lantik Rabu ini," terangnya.

Ke-15 Kabupaten/Kota yang akan dilantik kepala daerahnya, antara lain pasangan calon (Paslon) Wali Kota/Wakil Wali Kota Medan Dzulmi Eldin - Akhyar Nasution, Paslon Bupati/Wakil Bupati Tapsel  Syahrul M Pasaribu - Aswin Efendi Siregar, Paslon Wali Kota/Wakil Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial - Ismail, Paslon Bupati/Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), Kharudinsyah - Dwi Perantara, Paslon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk - Edi Polo Sitanggang, Paslon Wali Kota/Wakil Wali Kota Binjai Idaham - Timbas Tarigan, Paslon Bupati/Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman - Darma Wijaya.

Kemudian Paslon Bupati/Wakil Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap - Andi Suhaimi Dalimunthe, Paslon Bupati/Wakil Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu - Maju Ilyas Padang, Paslon Bupati/Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian - Hulman Sitorus, Paslon Bupati/Wakil Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang - Surya, Paslon Bupati/Wakil Bupati Samosir Rapidin Simbolon - Juang Sinaga, Paslon Bupati/Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor - Saut Parlindungan Simamora, Paslon Bupati/Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel), Wildan Aswan Tanjung - Kholil Jufri Harahap. "Sementara untuk 1 daerah yang dilantik menggantikan kepala daerah sebelumnya  yakni Kabupaten Tapteng Syukran Jamilan Tanjung. Dimana sebelumnya Syukran hanya menjabat sebagai Plt.Bupati Tapteng," jelasnya.

2.000 Personil Gabungan Diturunkan
Sejumlah 2.000 personel gabungan akan diturunkan dalam melakukan pengamanan (Pam) pelantikan 15 bupati/wali kota se- Sumut di Medan hari ini.

Kepada SIB di Mapoldasu, Selasa (16/2), Kasubbid Penmas Bid Humas Poldasu AKBP MP Nainggolan didampingi Kasubbid PID AKBP J Manurung menjelaskan, personel gabungan yang diturunkan itu terdiri dari personil Polresta Medan dan BKO Poldasu, TNI, Dishub serta Satpol Pamong Praja (PP).

Menurut ketentuan yang telah disepakati, masing-masing kepala daerah terpilih hanya diperbolehkan membawa 100 pendukung/simpatisan dari setiap daerah.

"Masing-masing daerah yang bupati/wali kotanya dilantik besok, diperbolehkan membawa makanan dan kuliner khas daerah masing-masing, karena setelah pelantikan akan digelar pesta hiburan rakyat," tambahnya. 

Plt Gubsu Tinjau Lapangan Merdeka
Plt Gubsu HT Erry Nuradi didampingi Kepala Biro Otda Provsu Jimmy Pasaribu meninjau lapangan Medeka Medan, Selasa (16/2) petang. Selain melakukan peninjauan,  Plt Gubsu  juga melakukan  Gladi Resik Pelantikan KDh.

Usai melakukan  Gladi Resik, Plt Gubsu kepada wartawan memastikan, kalau Rabu (17/2) ini akan melakukan pelantikan kepada 15 KDh di Lapangan Merdeka tersebut, setelah sempat terkendala persoalan Surat Keputusan (SK) Mendagri.  "Akhirnya sembilan pasangan calon Kepala Darah (KDh) dipastikan akan dilantik  bersama enam KDh yang terlebih dulu telah mengantongi SK dari Mendagri. Sekitar 17.50 Wib tadi yang membawa SKnya, dan  sudah berangkat dari Jakarta. Artinya Rabu akan ada 15 KDh yang dilantik,"ujar Erry.

Pelantikan sengaja di gelar di Lapangan Merdeka agar lebih merakyat.

"Berdasarkan UU tidak ada dijelaskan harus di kantor tapi di Ibu Kota Propinsi. Kenapa di Lapangan Meredeka, kita ingin lebih merakyat. Dan memang besok ada Pesta rakyatnya. Biar lebih membumi,"ujarnya.

Saat disinggung mengenai anggaran yang digunakan untuk pelantikan tersebut, mantan Bupati Sergai ini mengaku tidak tau pasti. Namun  Erry mengaku pihaknya bekerja sama dengan Kabupaten Kota untuk bersama-sama menanggung biaya pelantikan.

"Biayanya patungan dengan Kabupaten Kota lainnya. Ya saya tidak tau berapa jumlahnya, namanya juga patungan,"jelasnya.

Rencananya pelantikan di gelar Pukul 09.30 wib. Dan seluruh KDh yang akan dilantik berkumpul di Kantor Gubsu sekitar Pukul 08.00 wib untuk sama-sama berangkat menuju Lapangan Merdeka menggunakan bus.

loading...

Sumber SIB

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah