Cari

Dukung Destinasi Wisata Danau Toba Tugu Ompu Tuan Situmorang Direvitalisasi

Posted 29-05-2017 14:45  » Team Tobatabo
Foto Caption: Ketua PSSAB se-Indonesia Ir JB Siringoringo didampingi para penasehat menyerahkan SK Panitia kepada Ketua Panitia Edwin Pamimpin Situmorang (kiri) di HDTI Medan,

Keputusan pemerintah menetapkan kawasan Danau Toba menjadi kawasan strategis nasional patut disambut dan didukung oleh masyarakat Sumatera Utara (Sumut), khususnya yang berada di kawasan tersebut.

Sebagai kawasan wisata alam dan budaya, dibutuhkan lokasi-lokasi atau atraksi yang layak dipertunjukkan kepada para wisatawan.

Untuk itulah, Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) se-Indonesia, yang memiliki tugu parsadaan di Urat, Samosir yaitu Tugu Ompu Tuan Situmorang akan turut ambil bagian dalam pengembangan kawasan wisata tersebut.

Melalui keputusan DPP PSSAB, akan dilakukan revitalisasi tugu tersebut sehingga tidak hanya sekedar simbol semata.

“Selain sebagai wadah pemersatu seluruh keturunan Ompu Tuan Situmorang, lewat revitalisasi tugu ini juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah yang telah menetapkan Danau Toba sebagai kawasan wisata nasional,” ujar Ketua Umum PSSAB se-Indonesia Ir JB Siringoringo setelah melantik Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Hotel Danau Toba Internasional Jl Imam Bonjol Medan, Sabtu (15/4/2017).

Lewat desain tugu yang telah disepakati akan menjadi salah satu destinasi wisata. Tugu bukan lagi hanya tanda, namun akan menjadi pusat informasi kebudayaan dan sejarah Ompu Tuan Situmorang.

“Berkat kebersamaan dan kesepakatan kita, kami percayakan kepada panitia yang telah mau dilantik dan memberikan perhatian untuk mewujudkan cita-cita kita bersama,” kata JB Siringoringo.

Sementara itu, Ketua Panitia Revitalisasi, Edwin Pamimpin Situmorang, SH.,MH menyebutkan tugu akan dibangun sedemikian rupa sehingga menjadi bagian tujuan wisata.

“Dalam rencana dan impian kami, kawasan tugu ini akan menjadi tujuan wisata. Akan kita jadikan tugu ini sebagai tugu yang hidup,” ujarnya sembari menjelaskan maksud dari tugu yang hidup adalah bermanfaat secara ekonomi bagi keturunan Ompu Tuan Situmorang.

Edwin juga memastikan, rencana revitalisasi yang dilakukan bukan hanya sekedar renovasi. “Tapi pomparan ompu Tuan Situmorang yang ada di seluruh nusantara bahkan belahan dunia lain, menjadikan momen ini sebagai suatu tanggung jawab kepada bangsa,” ujarnya.

Dijelaskannya, sejalan dengan program pemerintah untuk menjadikan danau toba sebagai destinasi wisata internasional. Maka keluarga Situmorang ingin memberikan suatu peran serta, dukungan melalui program revitalisasi tugu Ompu Tuan Situmorang.

“Kita ingin, melalui program ini, membagun tugu ini sebagai sarana atau objek wisata yang kelak dirindukan untuk dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke danau Toba,” katanya.

Tentu pemerintah juga melakukan hal itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kita ingin menangkap peluang ini, melalui ini maka masyarakat yang bermarga Situmorang dan borunya yang ada di sekitar tugu ini juga akan bisa meningkatkan kesejahteraannya,” katanya.

“Karena kita juga mensyukuri bahwa negara ini sudah memberikan sesuatu kepada kita, suku yang kecil tapi toh bisa memberikan yang berarti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Renobasi akan dilakukan bertahap, tahap awal yang direncanakan selesai akhir tahun 2017 perbaikan sekitar komplek tugu. Dan diperkirakan membutuhkan dana Rp 2,5 miliar.

“Kita harapankan gotong royong semua pomparan bisa bersatu padu. Kalau partisipasi bisa dibangun, kita akan menjadi kuat.

Bukan hanya marga Situmorang, juga orang batak harus menjalin kerjasama dalam menggalan partisipasi. supaya kita juga bisa memberikan kontribusi di Sumatera utara ini, bisa menjadi sesuatu dari bagian bangsa ini yang disegani yang dihargai yang mampu memberikan warna, jadi kita mulai dari yang kecil.

Situmorang mau menjadi teladan untuk itu. dalam rangka menggalang persatuan,” ujarnya.

Kembali dikatakannya, bahwa tugu tersebut yang pasti sebagai pemersatu. Namun ke depan tidak lagi hanya simbol-simbol, lebih kepada perwujudan dan peran serta marga Situmorang mendukung program pemerintah.

“Dan kedua, tanggungjawab kita kepada marga situmorang sendiri terutama yang ada di Samosir, untuk meningkatkan taraf ekonomi mereka,” katanya.

Kemudian ditambahkan Sudung Situmorang, potensi kawasan Danau Toba sangat luas. Kini Situmorang berjalan duluan.

“Karena kalu menunggu-menunggu siapa lagi. Sekarang kita destinasi wisata, salah satu yang paling lengkap masuk destinasi wisata adalah samosir. utuh semua satu kabupaten, lebih fokus kepada arah pantai,” katanya.

Potensi semakin besar dirangkai dengan pembangunan bandara Silangit, yang akan memudahkan akses ke Urat.

Turun ke Muara menyebrang ke Nainggolan. “Sehingga akan banyak turis langsung turun ke sana. Nah, apa yang akan dilihat wisatawan di sana, ini lah yang ingin kita buat disana,” ujarnya.

Berikut susunan Panitia Sesuai dengan SK DPP PSSAB nomor :SKEP/014/DPP-PSSAB/2017 tentang Penetapan Panitia Revitalisasi Tugu Op. Tuan Situmorang di Urat, samosir Tahun 2017 tertanggal 25 Maret 2017.

Penanggung jawab, Ir JB Siringoringo. Para penasehat, Ir. SH. Situmorang (Mantan ketua umum DPP PSSAB), Kombes Pol (Purn) DU Sitohang (Mantan Ketua Umum DPP PSSAB), Thony Saut Situmorang (mewakili tokoh Situmorang), DR Sojuangon Situmorang (Mewakili Tokoh Situmorang), Prof. Julaga Situmorang (Lumban Pande), S.T. Situmorang (Lumban Pande), Marsma (purn) M. Situmorang (Lumban Nahor), AM Situmorang (Lumban Nahor), Drs Laham Situmorang (Tuan Suhut Ni Huta), M. Situmorang (Tuan Suhut Ni Huta), Monang Siringoringo SH (Tuan Ringo), Drs. JM Siringoringo (Tuan Ringo), Dr. Ronald Sitohang (Dori Mangambar Sitohang Uruk), Drs. D. Sitohang (Dori Mangambat Sitohang Uruk), Ir. Amon Sitohang (Raja Itubungna Sitohang Tonga2), Baginda Sitohang (Raja Itubungna Sitohang Tonga2), Posma Sitohang (Op. Bona Ni Onan Sitohang Toruan), Drs. Amal Sitohang,MM (Op. Bona ni Onan Sitohang Toruan).

Ketua Umum, Edwin Pamimpin Situmorang SH MH. Wakil Ketua Umum, Irjel Pol (purn) Ricky P Sitohang, DR (Can) Palmer Situmorang,SH,MH, DR Budi Situmorang dan Sudung Situmorang,SH MH. Sekretaris Umum Ir Polma Situmorang dan wakilnya St. Drs Jonter Situmorang,STh dan Jhon Hendri Sitohang. Bendahara Umum, Manarsar Simbolon dan wakilnya Sahala Panggabean, RT Sihombing dan Rudolf Naibaho SE.

Para ketua-ketua bidang, yaitu Ir Daulat Situmorang MSc (Bidang Teknik Perencanaan dan Pengawasan), Drs. Marihat Situmorang M.Kom (Bidang Humas/Dokumentasi), Ir. Maringan Situmorang (Bidang dana), Aldentua Siringoringo,SH,MH (Bidang Adat/Acara), Lekanor Sitohang,SE (bidang Umum). Serta koordinator daerah semua Ketua/BPH DPW dan DPC PSSAB seluruh Indonesia.

Adapun tugas yang diberikan kepada panitia yaitu, melaksanakanpembangunan tugu dan pengembangan lokasi tugu Ompu Tuan Situmorang di Urat, Samosir sesuai dengan desain yang telah dibuat oleh DPP PSSAB.

Melaksanakan pesta peresmian tugu Ompu Tuan Situmorang yang telah direnovasi. Serta mengupayakan dana dalam rangka pembiayaan revitalisasi dan pesta peresmian.

Disampaikan juga, bahwa revitalisasi tugu dinilai perlu mengingata kaasan Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional sesuai dengan yang telah ditetapkan pemerintah.

Juga mendukung program pemerintah sesuai dengan Perpres No 49 Tahun 2016 tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba tanggal 13 Juni 2016.

Dikutip dari jurnalsiantar.net
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah