Cari

Mengenal Aksara Batak Toba

Posted 29-05-2017 15:04  » Team Tobatabo
Foto Caption: Aksara Batak Toba

Sama halnya saat kita baru belajar membaca dan menulis, kita disuruh untuk bisa menghafal abjad A – Z, ada vokal dan ada konsonan, ke 26 abjad tersebut harus bisa kita hafal secara luar kepala. Begitu juga dengan Aksara Batak, bila kita ingin menguasai aksara batak, yang pertama yang harus bisa kita kuasai adalah,  yang disebut dengan:

Ina ni Surat adalah: Induk dari surat batak, yang merupakan huruf-huruf pembentuk, yang menjadi huruf dasar dalam penulisan aksara batak.

loading...

Ada 19 ina ni surat, ina ni surat tersebut adalah: A,  Ha, Ma, Na, Ra, Ta, Sa, Da, Ga, Ja, La, Pa, Ba, NGa, NYa, Wa, Ya, I dan U

Untuk lebih cepat mengingat ke 19 Ina ni surat ini, kita kelompokkan menjadi beberapa kata yang mempunyai arti.

1. AhaMaNaRaTa ?? ( apa saja kah yang hijau itu?? )

2. SaDaGaJa. ( Seekor gajah )

3. BaNga ( Saya artikan berasal dari kata burung Bangau )

4. LaPa ( Saya artikan berasal dari kata SALAPA, yang artinya Selapa, yaitu tempat tembakau dari kuningan atau dari perak, atau Tempat Sirih orang tua dulu disebut dengan Salapa.

5. NyaWa: Ya, I, U ( Nyawa si Yayan…, si Iin… dan si Uun… lagi dipertaruhkan di blog ini (hehehe……)

Setiap satu lambang huruf batak (ina ni surat) di atas, sudah terdiri dari dua abjad (Konsonan dan Vokal dasar [a]) dan pengucapanyapun sudah menjadi sebuah penggalan suku kata yang memantulkan suara / gaung [a] (Mrsaringar [a] ) KECUALI: Ina ni surat (A, I  dan U).

Vokal dasar [a] dari ina ni surat bisa diubah-ubah dengan tanda diakritis atau yang disebut dengan anak ni surat, sehingga pengucapanya/lafalnya ( saringarnya) menjadi berubah.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah