Cari

Mencoba Mengetahui Sedikit Dari Identitas Suku Batak Toba

Posted 30-05-2017 19:32  » Team Tobatabo
Foto Caption: Suku Batak Toba

Wilayah-wilayah Suku Batak Toba meliputi balige porsea, parsoburan, laguboti, ajibata, ulunan, borbor, lumban, julu, dan sekitar.

Sitorus, sirait, butar-butar manurung merupakan beberapa marga dari Suku Batak toba. Suku Batak Toba ialah marga-marga pada Suku Bangsa Batak yang berkampung halaman (marbona pasogit) di daerah Toba.

Sonak Malela yang mempunyai 3 (tiga) orang putera dan menurunkan 4marga, yaitu: Simangunsong, Marpaung, Napitupulu, dan Pardede, merupakan salah satu cotoh marga pada suku bangsa Batak Toba.

 Terbentuknya masyarakat Batak yang tersusun dari berbagai macam marga, sebagian disebabkan karena adanya migrasi keluarga-keluarga dari wilayah lain di Sumatra.

Penelitian penting tentang tradisi Karo dilakukan oleh J.H Neumann, berdasarkan sastra lisan dan transkripsi dua naskah setempat, yaitu Pustaka Kembaren dan Pustaka Ginting.

Menurut Pustaka Kembaren, daerah asal marga Kembaren dari Pagaruyung di Minangkabau. Orang Tamil diperkirakan juga menjadi unsur pembentuk masyarakat Karo.

Banyaknya nama marga Karo yang diturunkan dari Bahasa Tamil. Orang-orang Tamil yang menjadi pedagang di pantai barat, lari ke pedalaman Sumatera akibat serangan pasukan Minangkabau yang datang pada abad ke-14 untuk menguasai Barus.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah