Cari

Kuliner Sabang: Sate Gurita

Posted 31-10-2012 16:30  » Team Tobatabo

Selain terkenal dengan keindahan alam dan posisinya ada diujung Indonesia, sabang juga punya satu kuliner khas yang ga boleh dilewatkan kalau udah dateng ke salah satu daerah bebas di aceh ini.

Cafe Bang Wan Adalah ssalah satu tempat makan yang rame dikunjungi penikmat wisata kuliner yang menyediakan “Sate Gurita” yang nyummi dan wajib di cobai!!
Awalnya sih mikir sate gurita ini disajikan secara utuh guritanya eh taunya udah di potong dadu biar makannya lebih gampang. Sate Gurita disajikan dengan bumbu kacang dan (tanpa) lontong, kalau memilih tanpa lontong maka kita akan mendapatkan jumlah tusukan yang lebih banyak.
Nah kalau rasanya hampir sama kayak sate kebanyakan yang memakai bumbu kacang dan lontong, tapi berhubung ini bukan daging ayam atau daging kambing yang dijadikan sate, melainkan Gurita. Ketika pertama kali mengunyahnya terasa kekenyalan daging gurita ini tapi gak keras, empuk!!
Harga yang diberikan pun cukup terjangkau lah, untuk 4 tusuk sate + lontong di hargai Rp. 11.000,- sedangkan untuk porsi 14 tusuk sate tanpa lontong dihargai Rp. 17.000,-.
Untuk mendapatkan sate gurita ini agak susah apalagi kalau udah diatas jam 8 malam terutama di malam minggu, jadi kalau beneran kepengen makan kuliner khas sabang ini coba dateng di jam 6 sore sambil melihat matahari terbenam di sabang fair.


loading...

Menu

Lokasinya yang strategis membuat “Cafe Bang Wan” begitu masyarakatnya biasa menyebutnya ini terletak di sabang fair (untuk alamat jelasnya gue kurang tau karena ga ada alamat yang ditulis di Cafenya). Kalau kebingungan coba aja tanya sama masyarakat setempat dimana lokasi Sate gurita Cafe Bang Wan di daerah sabang fair.
Oh ya masih ada satu lagi makanan atau sarapan pagi lebih tepatnya yang wajib dicoba!!
Adalah “Nasi Gurih” sabang. Kalau yang ini biasa kita jumpai di negara tetangga dengan nama “Nasi Lemak”. Nah yang ga biasa dari nasi gurih sabang ini adalah bungkusan luarnya yang terbuat dari lembaran kertas koran. Gue sempat berpikir “mungkin untuk mencerdaskan masyarakat sabang, abis makan nasi koran wajib baca koran sobek” hahhahaha. Untuk rasanya mungkin agak berbeda dari yang lain, entah kenapa bungkusan yang gue makan bukannya rasa nasi gurih yang sering gue makan melainkan rasa nasi manis, ga ada rasa gurihnya sedikitpun!! *kecewa*. Untuk isinya ada sambel telor, ikan laut atau ayam.
 Harganya sebungkusnya lumayan terjangkau Rp. 6.000,- dan kita bisa dapeti di warung kopi atau rumah makan, kalau gue kemaren sarapan nasi gurih di depan hotel pulau jaya tempat gue dkk bermalam.

Nasi Koran

SUMBER

 

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah