Cari

Pesta Budaya Njuah-njuah, Wakil Bupati Dairi Minta Edy Rahmayadi Hadir pada Acara Penutupan

Posted 25-09-2018 11:18  » Team Tobatabo
Foto Caption: Wakil Bupati Dairi, Irwansyah Pasi (pegang mic) sebelum membuka resmi Pesta Budaya Njuah-njuah di Gedung Nasional Djauli Manik, Sidikalang pada Senin

Sidikalang - Pesta Budaya Njuah-njuah resmi dibuka oleh Wakil Bupati Dairi, Irwansyah Pasi pada Senin (24/9/2018).

Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara.

loading...

Irwansyah menyebutkan Pesta Budaya Njuah-njuah ini memasuki tahun ketiga yang penyelenggaraannya dilaksanakan selama enam hari.

Menurutnya hal itu merupakan yang terbaik dibandingkan dengan pesta budaya di daerah kawasan Danau Toba lainnya.

Hal itu menyambung pernyataan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset Sumber Daya Alam Pemprov Sumut, Elisa Marbun yang menyebutkan pesta budaya di Dairi adalah yang terbaik dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di kawasan Danau Toba.

"Kami mengharapkan acara penutupan kiranya pak gubernur bisa hadir langsung. Bila tidak saya yang langsung menghadap ke beliau supaya berkenan hadir," kata Irwansyah.

Disamping itu, ia berharap pagelaran Pesta Budaya Njuah-njuah ini agar dapat dilaksanakan lebih baik ke depannya oleh pemimpin Kabupaten Dairi yang baru.

"Kedepan Pesta Njuah-njuah lebih ditingkatkan oleh pemerintahan yang baru, agar Kabupaten Dairi tak tertinggal dari daerah lainnya," ucapnya.

Ia pun menegaskan kepada generasi muda untuk tetap menggali dan melestarikan kebudayaan. Sebab, mereka yang menghargai budaya dan leluhur merupakan cerminan kepribadian yang baik dalam kehidupan.

"Kami mengingatkan kepada generasi penerus khususnya para pelajar, betapak pentingnya budaya dalam kegidupan sehari-hari. Marilah hargai petuah dan nasehat leluhur kita," pesannya.

Sementara itu, Elisa Marbun mengharapkan agar Kabupaten Dairi konsisten menggelar even tahunan tersebut. Ia menilai Pesta Budaya Njuah-njuah merupakan yang terbaik di kawasan dataran tinggi Danau Toba.

"Diharapkan Kabupaten Dairi untuk tetap konsisten menggelar kegiatan ini. Dari sembilan kabupaten/kota dikawasan dataran tinggi, saya nyatakan Pesta Budaya Njuah-njuah luar biasa. Ini jadi tantangan bagi 8 kabupaten/kota lainnya yang ada di kawasan danau toba," ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumut itu menyebutkan bahwa Pesta Budaya Njuah-njuah telah didaftarkan sebagai even pariwisata tahunan di Sumut.

loading...

"Ini sudah saya daftarkan sebagai event tahunan pariwisata di Sumut. Tingkatkan lagi sebagai daya tarik bagi wisatawan untuk terus hadir di Sumut," pungkasnya.

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah