Cari

Profil dan Biografi Brigjen Richard Tampubolon, Putra Batak Prajurit Sejati Kopassus

Posted 24-10-2018 14:25  » Team Tobatabo
Foto Caption: Brigadir Jenderal TNI Richard TH Tampubolon, S.H., M.M

Baru-baru ini nama Jendral TNI Richard Tampubolon mencuat kembali ke publik setelah berita meninggalnya orang tua beliau Mula Jadi Tampubolon tersebar di masyarakat. Hal ini banyak membuat pertanyaan di kalangan masyarakat awam. Siapakah Richard Tampubolon? Seorang jendral TNI berpangkat Brigadir Jendral (Brigjen) yang mampu menjabat posisi strategis sebagai Wakasdam Kopassus TNI AD? Bagaimana karirnya di militer? Asalnya dari mana?

Dikarenakan oleh hal itu, tobatabo akan coba mengulas secara singkat mengenai profil dan biografi Brigadir Jenderal TNI Richard TH Tampubolon, S.H., M.M.

loading...

Richard Tampubolon merupakan anak dari Mula Jadi Tampubolon. Mula Jadi Tampubolon lahir di Tapanuli, 21 Maret 1941. Setelah itu beliau merantau ke Palembang Sumsel pada tahun 1960, bekerja sebagai wartawan dan akhirnya mampu menjadi pengusaha sukses.

Richard Tampubolon merupakan almamater Akademi Militer (Akmil) tahun 1992, Richard, merupakan lulusan Akademi Militer dari kecabangan Infanteri Baret Merah. dan memiliki beragam tugas militer dan non militer, baik di dalam maupun di luar negeri yang sudah dialami, Dari operasi militer di Timor-timor tahun 1998 sampai menjadi Komandan Sub Kontingen Sea Games XXXVI di Palembang tahun 2011.

Brigjen Richard Tampubolon Wakasdam Kopassus

Richard Tampubolon menikah dengan Eka Mey Selly. Jabatan saat ini adalah Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus. Brigjen Richard Tampubolon menjabat Wakil Komandan Jenderal Kopassus. Richard menggantikan Brigjen Teguh Muji Angkasa, yang kini bertugas sebagai Komandan Korem 161/Wira Sakti Kodam IX/Udayana, Bali.

Jendral bintang satu ini sebelum menjadi Wadanjen Kopassus, Richard menjabat Danrem 023/Kawal Samudera di Sibolga. Lulusan Akmil 1992 itu juga pernah menjadi Komandan Rindam VI/Mulawarman.

Kol.inf Richard Tampubolon

Riwayat Karir Richard Tampubolon

Kolonel :
Asisten Intelijen Komandan Jenderal Kopassus
Komandan Group 2/Kopassus
Komandan Group 3/Kopassus
Komandan Resimen Induk Kodam VI/Mulawarman
Komandan Resort Militer 023/Kawal Samudra

Brigadir Jenderal :
Wakil Komanan Jenderal Kopassus

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah