Cari

Kelompok Tani Andaliman Lumbanjulu Studi Banding Ke Humbang Hasundutan

Posted 09-11-2018 15:07  » Team Tobatabo

BALIGE - Guna meningkatkan pengetahuan, sebanyak 50 orang petani tanaman endemik -andaliman asal Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir melakukan studi banding ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumateta Utara, Rabu (7/11).

Diharap melalui studi yang terlaksana atas kerjasama dengan PT.Toba Pulp Lestari dan IT Del, petani Andaliman semakin meningkatkan kualitas tanaman, baik dalam penanaman maupun olahan makanan serta pemasaran yang dapat diminati masyarakat luar Tapanuli Raya. Sehingga petani juga ikut menikmati peningkatan ekonomi.

hasil ukm di humbahas

Penampung produk UKM masyarakat pengelola andaliman dalam kemasan di Kabupaten Humbahas Charly Silaban, mengatakan awal ketertarikan dengan andaliman, sebab ini merupakan produk yang menjanjikan dan hanya bisa di dapatkan di kawasan Tapanuli Raya.

Dikatakan berawal dari sepinya bisnis pengiriman yang digelutinya hanya sebatas surat saja, sehingga banyak waktu luang. Timbullah niat membuat suatu produk agar banyak paket pengiriman melalui kami di Humbahas semakin meningkat, timbullah niat membuat produk kemasan andaliman siap saji.

"Awal pembuatan produk kami adalah kopi kemasan khas Humbahas untuk peningkatan UKM kemudian setelah tiga tahun bekerja sama dengan seorang ahli memasak pemesanan sambal andaliman semakin meningkat dan diminati bukan hanya di lidah masyarakat Batak saja," sebut Charly.

Ditambahkan Charly, sampai saat ini selain penjualan produk sambal andaliman meningkat, pengiriman bertambah tidak lagi sebatas pengiriman paket surat dan dokumen.

"Hal yang paling penting masyarakat petani akan lebih berkreasi membuat makanan berbahan andaliman, dan kita siap sebagai tempat pemasaran nya, "ujarnya.

Yosep Manik salah seorang dosen IT Del mengatakan tanaman andaliman mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikomersialkan.

"Dalam peningkatan ekonomi masyarakat, pembuatan ragam kemasan tentu akan meningkatkan taraf ekonomi petani andaliman," sebut Yosep.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah