Cari

Sarapan Bubur di Pinggiran Danau Toba Pakai Daun Sitohap & Andaliman

Posted 26-01-2012 14:31  » Team Tobatabo

Bubur sitohap merupakan makanan khas penduduk Silalahi di pinggiran Danau Toba, Sumatera Utara. Minat terhadap makanan tradisional kembali meningkat. Kecintaan terhadap dunia kuliner negeri sendiri telah menaikkan pamor makanan tradisional. Masyarakat Batak, memiliki kuliner tradisional yang popularitasnya cukup dikenal.

Beragam makanan khas batak seperti ikan arsik, merupakan ciri khas orang batak. Kalau selama ini kita hanya mengenal bubur ayam yang bisa ditemukan di hampir seluruh pelosok negeri, ada satu lagi jenis bubur lezat yang disebut dengan nama Bubur Sitohap. Bubur sitohap sendiri merupakan makanan khas penduduk Silalahi di pinggir Danau Toba, Sumatera Utara.

loading...

Bahan pembuatan bubur ini sama dengan jenis bubur lainnya yaitu beras dan ayam dengan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri dan andaliman (bumbu khas orang batak). Bubur jenis ini dinamakan bubur sitohap dikarenakan memakai daun sitohap yang menjadi pembeda dengan bubur lainnya. Daun ini hanya tersedia di hutan liar di kawasan pegunungan Danau Toba dan untuk keperluan memasak yang lebih lama, daun ini dapat diawetkan. Selain cara memasaknya yang unik (diperlukan waktu 5 jam untuk mengolah bubur ini), cara memakannya juga unik.

Bubur Sitohap ini dituangkan ke wadah yang memang khusus untuk tempat bubur.

Penulis: Feriawan Hidayat

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah