Cari

Jalinsum Siantar -Tanah Jawa Amblas, Ini Jalur Alternatif yang Dapat Dilalui

Posted 01-04-2019 12:49  » Team Tobatabo

Hujan deras yang mengguyur wilayah Siantar dan Kabupaten Simalungun, Minggu (31/3) menyebabkan Jalan Lintas Sunatera (Jalinsum) Siantar-Tanah Jawa di Kilometer 8-10 Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Sumatera  putus total.

Pangulu Marubun Jaya Sarina mengatakan bencana alam tersebut terjadi, untuk yang kedua kalinya. Kejadian pertama sekitar tahun 2017 lalu.

loading...

“Kejadian tadi jam 5 sore dan ini kejadian yang kedua kalinya, dan untuk saat ini, kita minta kepada masyarakat agar waspada karena kondisi jalan masih sangat rawan,” ujar Sarina.

Menurut keterangan warga sekitar, longsor terjadi karena pasca curah hujan tinggi yang mengakibatkan debit air di saluran aliran air di PTPN lV Nagori Marubun Jaya Kecamatan Tanah Jawa meluap.

Derasnya aliran air mengakibatkan rutuhnya tembok penaham yang dibuat pasca insiden longsor yang pertama.

“Setelah hujan deras tadi, debit air meninggi dan arusnya deras, tak berapa lama langsung longsor dan tembok penahan yang dibangun pas kejadian pertama tumbang,” ujar Adi.

Namun kali ini, terjadinya longsor sangat parah hingga mengakibatkan, badan jalan putus dan jalur lintas lumpuh total.

Sementara itu, petugas, Kepolisian Polsek Tanah Jawa, personil Korami Tanah serta Perangkat Desa, tampak melakukan pengamanan di sekitar okasi longsor.

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan .S.I.K., M.H menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif yakni dari arah Pematangsiantar, Pasar Baru simpang empat kanan tembus ke Lapangan Sepak Bola Blok X ke Simpang Saropa.

Semokan sebaliknya bagi yang akan melintas dari arah Tanah Jawa M
menuju Pematangsiantar.

Namun untuk kenderaan berjenis sedan tidak disarankan melintasi jalur alternatif dikarenakan jalan tidak begitu bagus.

Dikutip dari Newcorner
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah