520 Pesepeda Gowes Bersama Libas Track Menantang di Kebun Teh Sidamanik Enduro North Sumatra Pertama

Posted 04-04-2019 11:55  » Team Tobatabo
Foto Caption: 520 Pesepeda Gowes Bersama Libas Track Menantang di Kebun Teh Sidamanik Enduro North Sumatra Pertama. Enduro North Sumatra Series pertama di Kebun Teh Sidamanik yang sukses menyedot 520 pesepeda ikut ambil bagian. (Tribun Medan)

MEDAN - Enduro North Sumatra Series (ENSS), adalah sebuah rangkaian kegiatan perlombaan balap sepeda gunung yang dilaksanakan di Sumatera Utara (Sumut) dengan melaksanakan 4 seri.

Seri pertama telah dilaksanakan di Perkebunan Teh Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut pada 30-31 Maret 2019 lalu.

Ketua panitia pelaksana ENSS, Aman Hamonangan Siregar mengatakan ada dua rangkaian kegiatan dalam acara ENSS kali ini. Pertama yaitu kegiatan gowes bersama (Gobar) dan juga race.

"Untuk acara Gobar sendiri, para peserta tidak melewati jalur race. Mereka diajak berkeliling di perkebunan teh, menyusuri air terjun Bah Biak dan kemudian finish dilokasi yang telah ditentukan," kata Aman, Kamis (4/4/2019).

"Jarak lintasan peserta gobar berkisar 25 Km dan para rider yang ikut andil berjumlah 520 orang yang terdiri dari lintas komunitas pesepeda yang ada di Aceh, Sumut dan juga Riau," sambungnya.

Aman menjelaskan bahwa untuk kegiatan race, terdapat dua Special Stage (SS) dengan total panjang lintasan sejauh 15 Km.

Peserta yang ikut berpartisipasi berjumlah 160 orang yang terbagi dalam 5 kelas, yaitu men junior di bawah 19 tahun, men open 20 tahun ke atas, master A 30-39 tahun, Master B 40 tahun ke atas serta peserta wanita.

Masih kata Aman, acara berlangsung dengan lancar dan tidak ada terjadi kecelakaan yang begitu fatal. Walaupun di setiap sore lokasi acara selalu hujan namun tidak mengurangi semangat para rider untuk menjajal track yang ada di perkebunan Teh Sidamanik.

Perkebunan teh tidak setiap wilayah memilikinya. Khususnya di Aceh, Sumut dan Riau, event balap sepeda enduro juga jarang sekali dilaksanakan di pulau Sumatra.

Hal ini yang membuat semangat para rider dan panitia untuk berpartisipasi dalam mensukseskan acara race berseri tersebut.

Aman menerangkan bahwa acara ini murni atas dasar pemikiran dari beberapa komunitas sepeda gunung yang ada di Pulau Sumatra yang mulai jenuh dengan kegiatan gowes bersama saja.

Mereka yang menginginkan pengalaman lebih, harus menyiapkan kocek besar untuk pergi jauh ke Pulau Jawa mengikuti race yang ada disana.

"Tanpa menunggu perhatian dari pihak pemerintah, kami patungan dan mengumpulkan dana sendiri untuk membuat kegiatan race ini secara berseri," ujar Aman.

Lebih lanjut, seri kedua akan dilaksanakan pada 15-16 Juli 2019 di Desa Siosar, puncak 2000 Kabupaten Karo. Seri ketiga akan dilaksanakan di Tahura Bike Park yang berlokasi di kabupaten karo 3-4 Agustus 2019.

"Untuk seri terakhir bakal dilaksanakan di kawasan Danau Toba 12-13 Oktober 2019 mendatang. Lokasi pasti masih dirahasiakan agar memberikan kejutan bagi para Gobar," urainya.

Output dari kegiatan ini, sambung Aman adalah terbentuknya atlet-atlet sepeda gunung, khususnya di bidang enduro yang akan diberangkatkan 3 orang dari 3 juara umum untuk mengikuti event Enduro Internasional.

Yang kebetulan akan dilaksanakan di bali pada bulan November mendatang.

"Bantu dan suport kami dalam mensukseskan acara Enduro North Sumatra Series tahun 2019 ini," pungkas Aman.

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI