Cari

Lontong Medan dengan Jengkol Tanpa Meninggalkan Aroma Tak Sedap

Posted 22-10-2014 14:05  » Team Tobatabo

Medan - Lontong menjadi makan spesial di Idul Fitri. Rupa-rupa menu untuk menambah kelezatan. Dandim 0201/BS Letkol Kav Setiawan Arismunandar menikmati dengan rendang jengkol. “Kalau diolah maksimal, tidak meninggalkan aroma tak sedap,” ujar mantan Danyon Kav 6/Serbu, Asam Kumbang itu.

Berikut bahan-bahan lontong: 1 buah labu siam, potong dadu atau sesuai selera. Satu ikat kacang panjang, potong 10 cm, nangka muda, 400 ml santan dan 1 batang sereh, memarkan. Bumbu-bumbu halus: 3 bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 buah cabe merah, 3 cm jahe, 3 cm lengkuas, 2 cm kunyit, butir kemiri dan garam secukupnya.

Cara membuatnya: tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma harum, kemudian masukkan santan dan sereh. Gunakan api sedang dan masak sampai mendidih, kalau sudah mendidih silakan masukkan nangka. Masak terus hingga kuah agak berkurang, kemudian baru masukkan labu siam dan kacang panjang. Di aduk-aduk dan dimasak terus hingga kacang panjangnya matang.

Dalam penghidangannya, lontong sayur diperlezat dengan telur bulat goreng bahkan sepotong ayam atau rendang sesuai selera. 

Jengkol
Jengkol bisa dinikmati dengan berbagai cara, seperti semur jengkol, sambel goreng jengkol, gulai jengkol, jengkol masak kecap, rendang jengkol atau bahkan ada yang lebih suka memakan jengkol mentah karena baunya yang begitu mantap. Memakan jengkol juga banyak manfaatnya. Jengkol 

mengandung vitamin A vitamin B, vitamin C, fosfor, kalium, protein dan berbagai zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Namun dibalik itu makan jengkol juga memiliki resiko jika dimakan terlalu banyak karena mengandung zat kapur. Selain itu bau jengkol juga bisa mengganggu orang di sekitar.

Citarasa jengkol yang menyengat ini sebenarnya dapat dihilangkan tanpa harus merubah rasa jengkol itu sendiri. Ada teknik khusus yang bisa digunakan untuk memasak jengkol agar bau jengkol bisa dinetralisir dan semakin banyak orang yang bisa menikmati jengkol.

Resep menghilangkan bau jengkol dapat dilakukan dengan menggunakan irisan daun jeruk untuk merebus jengkol sebelum dimasak lebih lanjut. Cara ini efektif menghilangkan aroma khas jengkol yang menyengat. Cara lain untuk menghilangkan bau jengkol ketika dimasak adalah dengan merendam jengkol dalam air kapur satu malam sebelum diolah. Cara ini juga dapat menetralisir bau jengkol tanpa mengurangi kelezatannya.

Sumber HarianSIB

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah