Gubernur Gatot Terima Penghargaan Lagi

Posted 13-12-2014 11:39  » Team Tobatabo

MEDAN - Gubernur Gatot Pujo Nugroho kembali mendapat penghargaan. Kali ini penghargaan diberikan karena Gubernur Gatot dianggap berprestasi melakukan kebijakan di industri kelapa sawit yang terintegrasi dengan peternakan sapi dan energi.

Menurut pers rilis yang diterima www.tribun-medan.com, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2014 kepada Gubernur Gatot Pujo Nugroho di Puri Kencono Ball Room, Lor In Hotel , Solo, Jawa Tengah, Kamis malam (11/12/2014).

Gatot mengatakan penghargaan menjadi tantangan bagi dirinya. Khusus untuk penghargaan yang diterimanya sebagai Gubernur Inovatif, kategori Ekonomi Kreatif, Gatot mengatakan, Sumut memang merupakan daerah yang memiliki basis perkebunan yang besar. Karena itu, katanya, pihaknya sengaja mengembangkan industri hilir kelapa sawit yang terintegrasi dengan sapi dan energi terbarukan.

“Sebagai daerah yang identik dengan perkebunan,  kami terus berupaya menjadikan perkebunan sebagai lokomotif perekonomian Sumatera Utara. Caranya dengan  mendorong hilirisasi produk-produk turunan perkebunan dan mengintegrasikan lahan perkebunan dengan peternakan sehingga memberi nilai tambah,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan, di Sumut terdapat 2.000.149,24 ha perkebunan dimana  53,8 persen atau 1.076.017,72 ha terdiri atas perkebunan sawit. Pemerintah Provinsi mendorong integrasi peternakan dengan perkebunan kelapa sawit, dimana perkebunan dapat menjadi sumber pakan ternak. Program ini kan mendukung pencapaian target swasembada daging juga sumber energy biomassa.

Mendagri Tjahjo Kumolo dalam kesempatan itu mengatakan inovasi memegang peranan penting dalam pembangunan daerah. Berbagai terobosan dan ide-ide segar dalam system birokrasi akan mendorong daerah berkembang lebih maju.

Menurutnya keberanian kepala daerah melakukan inovasi dapat menjadi salah satu kunci menuntaskan berbagai persoalan yang sering muncul di daerah.

Dari 19 kepala daerah di Indonesia yang menerima apresiasi Kepala Daerah Inovatif 2014 yang diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sumatera Utara (Sumut) menjadi daerah yang paling banyak memeroleh apresiasi tersebut.

Tercatat, ada lima kepala daerah mulai dari Gubernur Sumut, Wali Kota Medan, Bupati Simalungun, Bupati Batubara, dan Bupati Asahan yang menerima penganugerahan. Jumlah ini mengalahkan Jawa Barat yang menempatkan empat Kepala Daerah Inovatif.

 

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI