Cari

Pemkab Nias Gelar Malam Pesona Budaya di PRSU

Posted 08-04-2015 02:44  » Team Tobatabo

Paviliun Pemkab Nias menggelar Malam Pesona Budaya Nias dengan menampilkan sejumlah tarian, budaya dan lagu-lagu khas daerah Nias di hadapan ratusan pengunjung Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Sabtu (4/4) di Open Stage PRSU Medan.

Pagelaran seni dan budaya Nias berlangsung cukup meriah dan mendapat perhatian.

loading...

Acara diawali dengan Tari Pangowai Fame Afo sebagai tari persembahan menyambut para tamu yang datang, diiringi pemukulan seperangkat alat musik Aramba, diikuti dengan masuknya para penari yang menggambarkan antara kekuatan dan kelemahlembutan yang menjadi ciri khas anak Nias. Selanjutnya Tarian Tuwu, yang melambangkan dorongan semangat persatuan dan kesatuan dari permaisuri kepada sang suami sebagai raja dalam memimpin rakyatnya.

Selain itu, juga ditampilkan tari-tarian lain seperti, Tari Moyo, Tari Folaya Famadogo Omo dan Tari Maena serta lagu-lagu khas daerah Nias yang dipersembahkan  putra-putri Nias diiringi seperangkat alat music Aramba dalam bentuk ansambel diakhiri dengan lagu Tano Niha yang diikuti seluruh undangan dan tamu.

Sebelumnya Bupati Nias Drs Sekhiatulo Laoli MM dalam sambutannya menyampaikan, Pulau Nias menyimpan potensi pariwisata yang sangat besar seperti, wisata alam, wisata bahari dan wisata budaya/peninggalan sejarah yang merupakan objek petualangan dan suasana yang sulit untuk dilupakan.

Dikelilingi sumber daya alam tropis yang kaya, Nias memiliki objek wisata yang menawan di antaranya gugusan pulau-pulau kecil, mata air panas alami, pantai yang indah, air terjun, situs-situs peninggalan sejarah seperti batu-batu megalit, rumah adat tradisional serta musik dan tari tradisional khas Nias.

“Kami sangat menyadari bahwa Kabupaten Nias relatif tertinggal dibanding dengan kabupaten/kota lain di wilayah nusantara ini. Keadaan ini telah memotivasi Pemkab Nias dan seluruh elemen masyarakat untuk terus membangun dan melakukan perubahan serta bangkit menuju Nias yang maju,” ujar bupati.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Nias Yaredi Laoli SPd,Wakil Ketua Alfrin Zebua, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Nias Vantos Waruwu, Ketua Bapeda Nias Agustinus Zega dan Kadis Pariwisata Atobali Laoli serta Ketua Yayasan PRSU Drs H Taufik Margandi Lubis. 

 

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah