Cari

Parlindungan Purba Minta PT PLN Tambah Anggaran untuk PLN Sumut

Posted 01-10-2015 09:47  » Team Tobatabo

MEDAN - Anggota DPD RI, Parlindungan Purba meminta PT PLN menambah anggaran untuk PLN Sumbagut untuk mengatasi krisis kelistrikan yang kerap terjadi. Menurutnya, wilayah Sumut setidaknya butuh pasokan listrik 1.000 MW lagi untuk dapat stabil.

"Karena Sumut ini kebutuhan listriknya sangat tinggi. 1.000 MW ini masih kurang di Sumut ini. Pengusaha di sini rata-rata pabriknya pakai genset sendiri karena listriknya belum dipenuhi dari PLN," ujarnya, saat menyambangi Kantor Pembangkit Listrik Tenaga Diesel di Jalan Katamso, Rabu (30/9/2015).

Soal kerusakan yang terjadi pada sirkuit arus di Binjai, Parlindungan meminta PLN agar selektif memilih peralatan yang akan dipakai.

"Saya minta PLN pilih produk berkualitas. Jangan sampai setahun udah rusak. Itu yang rusak di Binjai itu kan belum setahun umurnya. Nanti PLN juga yang dimarahi masyarakat," ujarnya.

Parlindungan mengatakan, dirinya akan menyampaikan kendala PLN Sumbagut ke Kementerian ESDM.

"PLN harus meningkatkan maintenancenya. Ini masalah alat semua ini," katanya.

Manajer Distribusi PLN Sumbagut, Lasiran, mengatakan, masyarakat akan diberi kompensasi berupa potongan tarif listrik jika listrik PLN sering padam.

"Misalnya setiap bulan 20 jam. Itu nanti kami potongkan di rekeningnya.
Itu kalau padam karena kami. Kalau rusak, kami harus cek dulu rusaknya akibat siapa. Kalau rusaknya akibat kami, iya (dikompensasi)," katanya.

Adapun Kota Medan butuh pasokan listrik sebanyak 40 MW untuk dapat stabil menyala.

Sumber-sumber listrik yang menghidupi wilayah Medan dan sekitarnya antara lain PLTD dengan kapasitas 12 MW di Jalan Katamso Medan, PLTD Paya Pasir berkapasitas 120 MW di Medan Marelan, PLTU dan PLTG Belawan berkapasitas 853 MW, PLTA Renun di Danau Toba berkapasitas 80 MW, PLTU Pangkalan Susu berkapasitas 400 MW, PLTU Nagan Raya berkapasitas 200 MW di Meulaboh, dan PLTU Labuhan Angin berkapasitas 200 MW di Sibolga.

"Yang akan dibangun 184 MW di Lhokseumawe. Meskipun di Aceh bisa sampai ke mari. Tahun depan akan dibangun lagi PLTG di Paya Pasir, Marelan 100 MW. Siapnya akhir 2016," ujar Lasiran.

Sumber Tribun Medan

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah