Cari

FK Nommensen akan Kirim Mahasiswa Ke Taiwan

Posted 24-02-2016 11:35  » Team Tobatabo

MEDAN – Universitas HKBP Nommensen akan mengirimkan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) ke Khaosiung Medical University Hospital (KMUH) dan Taipei Medical University (TMU) di Taiwan. Itu dilakukan sebagai wujud UHN Goes Internasional.

Selain itu, mahasiswa FK Nommensen yang telah dibekali dan siap dikirim ke Taiwan ini merupakan wujud kerjasama antara KMUH dan TMU yang telah ditandangani oleh Nommensen dan kedua perguruan tinggi ternama di Taiwan tersebut.

Rektor Nommensen Dr Ir Sabam Malau mengatakan, lulusan FK kampus swasta ternama di Sumut ini harus mampu bersaing dengan dokter asing nantinya di era pasar bebas atau globalisasi. Bahkan, lanjut Rektor, dokter UHN nantinya juga harus siap dan mampu bekerja di luar negeri.

“Untuk mewujudkan itu, saatnya semua lulusan FK kita bekali dengan wawasan dan pengalaman internasional,” jelasnya didampingi Koordinator Humas UHN Jonson Rajagukguk SSos SE MAP, Rabu (17/2) kepada wartawan saat melakukan diskusi dengan pihak FK UHN yang langsung dipimpin oleh Dekan FK Prof dr Bistok Saing SpA(K), dr Christine Sibuea, MBiomed, dr Oktor Marpaung.

Menurut Rektor, pada Juli dan Agustus 2016 mendatang, pihaknya akan melakukan pertukaran pelajar dengan KMUH dan TMU. Adanya pertukaran ini, sebut Rektor, dua kampus ternama di Taiwan itu menyambut baik dan menerima kedatangan mahasiswa UHN.

“Nantinya mahasiswa UHN akan dibekali dengan berbagai program seperti clinical training, penulisan paper kesehatan dan berbagai kegiatan lain yang bersifat membangun dan mengisi mereka dengan IPTEK termutahir dalam bidang kesehatan,” kata Rektor.

Dikatakan, pertukaran mahasiswa ini merupakan program Nommensen sebagai bentuk dan wujud kepedulian kepada mahasiswa. Seluruh mahasiswa Nommensen diharapkan memiliki wawasan internasional. Sehingga pola pikir mahasiswa dapat secara global. “Kita akan terus menuntun mahasiswa FK agar mereka merupakan dokter yang bertaraf global dan punya wawasan global, sehingga suatu saat orang kita jangan lagi terus berobat ke luar negeri,” tambah Rektor.

Dekan FK Prof dr Bistok Saing menambahkan, program positif ini dapat membukakan wawasan mahasiswa. Dia berharap, clinical training yang diperoleh mahasiswa Nommensen di Taiwan, dapat menjadi bekal dan menambah wawasan sebagai dokter bertaraf global.

“Apapun akan kita lakukan agar semua alumni FK UHN bisa berguna untuk bangsa. Tetapi sebelum sampai kesana, ilmu mereka kita isi dengan hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan IPTEK terkini dalam bidang kesehatan,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Rektor IV Dr Hilman Pardede M.Pd mengatakan, program mengirim mahasiswa FK Nommensen ke Taiwan itu telah lama dirancang. “UHN adalah milik masyarakat Sumut, dan milik Sumut. Ini harus kita jaga dengan terus membuka hubungan dengan luar negeri untuk mengembangkan wawasan semua lulusan UHN,” pungkasnya.

Sumber metrosiantar

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah