Cari

Step by Step Rencana Jokowi bangun Danau Toba

Posted 08-03-2016 01:20  » Team Tobatabo

Rapat yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sejumlah menteri, Plt Gubernur Sumatera Utara, dan tujuh orang bupati di wilayah Danau Toba sepakat untuk membentuk Otoritas Kawasan Danau Toba.

"Tujuh bupati sudah tanda tangan, nanti akan dibentuk badan atau otoritas kawasan Danau Toba," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers usai rapat itu di Hotel Surya Niagara Prapat Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (1 Maret 2016).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa badan/otoritas tersebut nantinya bakal mengelola untuk perizinan di kawasan Danau Toba yang luasnya sekitar 500 hektare.

"Izin-izin menjadi kewenangan otoritas itu. Semua bupati sudah setuju," ujar Kepala Pemerintahan.

Presiden juga menjelaskan bahwa rapat itu adalah pembahasan final tentang pengembangan kawasan wisata di Danau Toba.

"Pembahasannnya sudah mulai Agustus 2015, diitindaklanjuti dengan beberapa rapat terbatas dan terakhir rapat dengan gubenur dan bupati. Ini kita ulang lagi dengan tujuh bupati hari ini," kata Presiden Jokowi.

Presiden juga mengatakan bahwa semua telah sepakat untuk dapat membangun sektor pariwisata kawasan Danau Toba.

"Rapat tadi berjudul 'Bersatu untuk Danau Toba' karena menyangkut tujuh kabupaten. Kalau tidak bersatu akan sulit," kata Presiden Jokowi.

PEMBANGUNAN BANDARA SILANGIT

loading...

bandara silangit

Menurut Presiden Jokowi yang bakal dilakukan selanjutnya adalah membangun Bandara Silangit mulai bulan April 2016 dan diperkirakan selesai pada September 2016 mendatang.

Panjang dari landasan bandara tersebut bakal diperpanjang menjadi 2.650 meter sehingga dapat didarati oleh pesawat dengan kelast Boeing dan dibangun juga terminal bandara yang cukup besar.

Infrastruktur yang memadai tersebut akan diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) bakal jauh lebih banyak  dari tahun ke tahun.

"Juga kan dibangun hotel di beberapa kawasan yang diharapkan dengan fasilitas yang lebih baik akan menarik wisnus dan wisman lebih banyak dengan diferensiasi dan branding dan promosi yang lebih baik. Kita yakin ini jadi destinasi yang layak bagi wisman maupun wisnus," demikian Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi di dalam acara tersebut antara lain di dampingi oleh Menkopolhukam Luhut B Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Tujuh bupati yang ikut adalah Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, Bupati Simalungun Binsar Situmorang, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Bamjarnahor, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Sumber Tempo

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah