“Saya Suku Karo, Sapaan Kami Mejuah-juah” koreksi Tanta Ketika Disapa Horas dan Disebut Pria Batak

Posted 02-06-2016 02:29  » Team Tobatabo

Jawaban singkat Tanta cukup banyak memberi respon positif dan negatif dari berbagai netizen. Sebagian netizen yang mayoritas Karo meyambut positif sikap Tanta J. Ginting dalam mengkoreksi sapaan host IMA Award 2016 yang mengucapkan salam Horas dan menyebutnya seorang Pria Batak.

Tak banyak pula yang merespon secara negatif dan memperdebatkan ucapan bahwa Karo adalah sebuah Suku, bukan sub suku yang sering disebut dengan Batak Karo. Hal ini dipicu, bahwa hingga saat ini penganut kedua paham ini masih sering diperdebatkan dan didiskusikan secara intensif dengan saling memberikan bukti dan fakta yang mendukung paham yang diyakini apakah Karo merupakan bagian dari Batak atau merupakan Suku yang berdiri sendiri.

Tanta merupakan putra Kolumnis Sora Sirulo Pa Canggah Ginting yang tinggal di Amerika Serikat. Sora Sirolu merupakan sebuah komunitas yang giat memperjuangkan status Karo yang merupakan suku mandiri dan bukan bagian dari Batak. Tanta J Ginting juga aktif di komunitas Karo Bukan Batak atau yang lebih sering disingkat dengan KBB.

Berikut adalah petikan perkataan Tanta J Ginting di saat naik ke atas podium yang membuat penggiat KBB terharu.

“Dalam kesempatan ini, perlu saya koreksi dulu tadi. Mejuah-juah bukan Horas. Karo beda dengan Batak (Sebelumnya pembaca narasi meyebutnya Pria Batak, dan menyapanya Horas). Capek-capek pake baju Karo dipanggil Horas. Mejuah-juah Bujur kukataken man kam kerina. Thank you so much for my family. Akhir kata, terimakasih, Mejuah-juah!” kata Tanta yang membuat orang-orang tua Karo merinding dan merasa dingin mendengar perkataannya karena mereka sudah nantikan lama sekali.

Sikap dan pernyataan Tanta ini mampu menumbuhkan rasa bangga KBB yang diakibatkan oleh sikap aktor tersebut yang tidak malu untuk mengungkapkan sikap dan jati dirinya. Tak pelak ribuan pujian di lontarkan para penggiat KBB sebagai ucapan selamat dan dukungan mereka terhadap aktor favoritnya tersebut.

Buat kamu para dongan-dongan Tobatabo kembali ke pribadi masing-masing untuk menanggapinya, jangan sungkan-sungkan untuk mencurahkannya di kolom komentar.

Buat tobatabo secara pribadi, Karo dari dulu sampai sekarang adalah saudara serumpun namanya Batak Karo. Horas, Mejuah-juah, Njuah-juah. tak lupa kami ucapkan selamat buat prestasi dan pencapaian Tanta J Ginting di IMA Award 2016. 

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI