Cari

Hebat, Jalur Kereta Baru Kualanamu – Tigaras Perkuat Infrastruktur Danau Toba

Posted 24-06-2016 10:28  » Team Tobatabo

Jakarta – Kecamatan Silau Kahean, Nagori Damakkitang, Rabu (1/6), Bupati Kabupaten Simalungun, Jopinus Ramli Saragih mengujarkan bahwa PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan membangun jalur kereta api baru untuk permudah akses ke Danau Toba, pembangunan direncakan akan dimulai pada tahun 2017 mendatang.

Hal tersebut sehubungan dengan langkah dari Menteri BUMN yang menyatakan untuk mendukung penuh pembangunan infrastruktur Danau Toba. Rencananya jalur kereta tersebut akan dibangun dari Kualanamu – Pondok Genteng – Marjandi – Raya, sampai berakhir di Tigaras. Pihak terkait PT KAI sebelumnya telah melakukan survey untuk visibility study, cek lokasi, serta pengukuran.

“Dari Pondok Genteng ke stasiun di wilayah Tigaras sepanjang 54 kilometer. Pemkab Simalungun telah berjanji kepada Meneg BUMN untuk membantu melakukan pelepasan lahan 20 meter dikali 54 kilometer,” kata Jan Wanner Saragih, Kepala Bappeda Simalungun.

Menurut Jan Wanner, jalur kereta api dalam hal transportasi merupakan kepentingan masyarakat banyak. Seperti di negara-negara maju yang lain, pemerintahannya memberikan perhatian besar terhadap angkutan umum seperti kereta api.

“Ini yang dipikirkan Bupati Simalungun JR Saragih ketika meminta kepada Menteri BUMN untuk mendukung pembangunan jalur kereta api Kualanamu menuju Tigaras. Tentunya dukungan masyarakat dibutuhkan, terutama dalam hal pembebasan lahan,” Ujarnya. (rdi)

Dikutip dari Tobadetour.com

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah