Cari

Gempa Bumi di Aceh Tak Sampai ke Kota Medan

Posted 08-12-2016 13:32  » Team Tobatabo

MEDAN - Kepala Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Sunardi memastikan bahwa gempa yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh Pidie tidak sampai ke Kota Medan. 

"Dari pengamatan dan analisis BMKG, gempa belum dan tidak berdampak ke Kota Medan. Sebab, pusat gempa berada pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 Km arah Tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 Km," ungkap Sunardi, lewat aplikasi WhatsApp, Rabu (6/12/2016).

Menurut Sunardi, guncangan gempa terkuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). Seluruh wilayah ini, lanjut Sunardi, diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempabumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser.

"Sesuai laporan sementara dari zona gempa bumi, bahwa gempa ini memang menimbulkan kerusakan di berbagai tempat.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," terangnya.

Berdasarkan peta tataan tektonik Aceh, sambungnya, tampak bahwa di zona gempa bumi memang terdapat struktur sesar mendatar. Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi Pidie Jaya dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault).

"Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah Barat Daya-Timur Laut," tandasnya.

Sumber tribun medan

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah