Cari

Keren, Tugu Becak Siantar Jadi Ikon Utama Kota Pematangsiantar

Posted 03-05-2017 01:26  » Team Tobatabo
Foto Caption: Tugu Becak Siantar, Anak Motor Memandangi Tugu BSA (via Instagram)

Becak Siantar menjadi ikon antik Pematangsiantar.Satu daya tarik yang dimiliki Sumahtera Utara itu kini telah diabadikan dengan dibangunnya sebuah Tugu Becak Siantar, dimana peresmiannya diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi di lapangan Adam Malik, Pematang Siantar, pada 15 Oktober 2016.

Pengunjung dari luar Siantar pun dibuat penasaran.Baik itu dari Medan, hingga luar kota pasti singgah sejenak di Tugu Becak Siantar untuk sekadar berfoto atau melihat langsung replika Becak Siantar yang terkenal dengan sepeda motor Birmingham Small Army (BSA).

loading...

Sepeda motor yang satu ini ibarat satwa langka, perlu dilestarikan.Becak bermesin sepeda motor Birmingham Small Army (BSA) terancam punah, jumlahnya di dunia tak banyak.

Beruntung, di Siantar, jumlahnya masih cukup banyak, dan dipakai untuk angkutan sehingga traveler masih bisa melihatnya berkeliaran di Pematangsiantar.

Tugu BSA

Remi, tukang Becak Siantar yang mangkal di sekitar Tugu Becak Siantar, menuturkan sudah menghabiskan 16 tahun mencari penumpang Becak Siantar sebagai profesi.

Walaupun angkutan umum cukup banyak, tapi wisatasan dari luar Siantar tentu penasaran dengan Becak Siantar dan banyak memilih keliling Siantar naik Becak Siantar.

"Sebagian besar pemilik sepeda motor BSA mengkomersilkan BSAnya dengan merombak menjadi becak pengangkut orang. Hanya sebagian kecil yang dikoleksi para kolektor," katanya.

BSA adalah sepedamotor pabrikan Inggris yang diciptakan untuk kendaraan perang.

BSA masuk ke Siantar pada masa peralihan tentara Jepang ke tentara sekutu (Belanda-Inggris).

BSA kemudian menyebar di setiap daerah jajahan Belanda termasuk ke Siantar, tambah Remi.

Dikutip dari Tribuntravel.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah