Cari

Adat Dan Ritual Batak Toba Dalam Upacara Memotong Kerbau Atau Lembu

Posted 29-06-2017 19:49  » Team Tobatabo
Foto Caption: Tumbuhan Borotan

Dalam upacara adat budaya batak toba boleh kita selaku etnis keturunan batak memotong babi, kerbau, lembu.

Dan upacara adat menandakan kalau Ulaon memotong kerbau atau lembu di halaman harus ditanam pohon beringin tetapi hanya batangnya dan diujung batang diikat ranting daun-daun serta batang dari pohon beringin itu harus di olesi oleh darah dari ternak yang dipotong yaitu kerbau atau lembu.

Dalam upacara kematian adat batak memotong kerbau itu menunjukkan bahwa seseorang yang telah meninggal sudah marnini, marnono, serta marondok-ondok tapi kebanyakan memotong kerbau atau lembu itu adalah cara menunjukkan rasa sukacita karena pomparan yang meninggal tersebut sudah bergenerasi turun kemurun sehingga mencapai beberapa keturunan.

upacara mangalat horbo

Pohon tersebut dinamakan tanaman borotan yang dijadikan sebagai patokan terhadap seseorang yang melakukan ulaon adat yang akan berlangsung.

Berdirinya pohon ini dalam upacara adat kematian harus di atas kepala dari orang yang meninggal karena jika dibawah kaki itu sudah menyalahi aturan adat dan dapat menjadi bahan pembicaraan dongan sahuta.

Setelah Jasad yang meninggal menuju ke tempat peristirahatan yang terakhir, tanaman itu harus dicabut karena kalau belum dicabut dan pihak Tulang dari ulang adat tersebut kembali melihat tanaman yang masih berdiri tersebut akan di kenakan Hutang.

Dan hutang tersebut yang dimaksud adalah harus memotong babi untuk memberi makan dongan sahuta.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah