Cari

Kebakaran Berlangsung 2 Hari, Api Lalap 50 Hektar Hutan Pinus di Balige

Posted 27-07-2018 13:12  » Team Tobatabo
Foto Caption: Api melalap hutan Balige.

Hingga pukul 13.00 WIB, Kamis (26/7/2018) api yang melaalap Hutan Kawasan Danau Toba tepatnya di Dolok Tolong, Balige Toba Samosir masih belum bisa dipadamkan. Sulitnya medan yang dilalui membuat api sulit untuk dipadamkan.

Kebakaran tersebut sudah berlangsung selama dua hari, yakni sejak Rabu 25 Juli 208 pukul 12.00 WIB. Kawasan tersebut di bawah pengawasan KPH XIII Dolok Sanggul dan berlokasi Dolok Tolong Hinalang, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Hingga saat ini, sumber api belum dapat dipastikan darimana berasal. Pemkab Tobasa hanya bisa menurunkan tiga unit pemadam Kebakaran untuk memadamkan api dari titik yang bisa dijangkau. Sementara titik api yang berada di punggung bukit terus menjadi-jadi dan melahap kayu pinus di sekitar.

"Masih tiga unit Pemadam kebakaran yang diturunkan," ujar Simanjuntak warga yang ikut berupaya memadamkan api.

Simanjuntak menambahkan, sampai saat ini penanganan pemadaman kebakaran hutan pinus Dolok Tolong masih terus dilakukan. Selain warga, Polsek Balige, Dinas Kehutanan Wilayah V, Dinas BNPB Tobasa, Pemadam Kebakaran ditambah bahu membahu memadanian api.

Terpantau, hutan pinus yang sudah terbakar diperkirakan mencapai 50 hektar persegi. Selain hutan, pemukiman warga juga tidak jauh dari titik-titik api.

Hingga saat ini, regu pemadam kebakaran yang terdiri dari Damkar Pemkab Tobasa, KPH-IV Balige dan mobil pemadam dari KPH-XIII Dolok Sanggul masih berjibaku memadamkan api. Terbakarnya lahan hutan Pinus yang terjadi siang tadi mengakibatkan asap tebal membubung tinggi.  

Angin yang kencang juga turut mempersulit pemadaman hingga mengakibatkan api cepat membesar. Apalagi lahan yang kering dan tebal membuat api membesar.

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah