Cari

Tol Medan-Kualanamu Siap Beroperasi, Medan-Tebing Tinggi Hanya 1 Jam

Posted 22-01-2019 17:06  » Team Tobatabo
Foto Caption: Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) jalani Uji Laik pada 10-11 Januari 2019. (Foto: dok.detik.finance)

SUMUT - Ada kabar baik dari Kementerian BUMN. Dilansir di laman instagram resminya, Minggu 20 Januari 2019, disebut bahwa Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) jalani Uji Laik pada 10-11 Januari 2019. Uji laik ini merupakan kewajiban sebelum suatu ruas tol resmi beroperasi penuh.

Uji Laik Jalan Tol Medan-Kualanmu-Tebing Tinggi Seksi 7 dilakukan oleh Ditjen Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Ditjen Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), Balai II Pengelola Transportasi Darat Medan, dan Korlantas.

Dikabarkan, jalan tol yang diproyeksikan akan beroperasi secara penuh pada Triwulan 1 2019 ini, diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh antara Medan dan Tebing Tinggi dari sebelumnya 2-3 jam melalui jalur eksisting menjadi sekitar 1 jam melalui jalan tol.

Sebagai informasi, Secara keseluruhan, Jalan Tol MKTT terdiri atas tujuh seksi. Sementara untuk Seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,3 km dibagi menjadi 2 seksi, yakni 7A dan 7B. Seksi terakhir yang ditargetkan rampung awal tahun 2019 saat ini progres tanahnya sudah 91,75% dan konstruksi Seksi 7A 53,882% dan 7B 77,84%.

Jalan Tol MKTT pengusahaannya oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Kualanamu Tol selaku anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang terdiri atas 7 seksi sepanjang 61,7 km dengan nilai investasi mencapai Rp4,9 triliun. Sebagian konstruksi tol MKTT dibangun menggunakan APBN sebagai dukungan pemerintah meningkatkan kelayakan finansialnya.

Dukungan berupa konstruksi pada Seksi 2 (Kualanamu-Parbarakan) sepanjang 7,05 km dan Seksi 1 (Tanjung Baru- Parbarakan) sepanjang 7,5 km dengan progres konstruksi keduanya sudah selesai 100%.

Tol tebingtinggi

#SobatBUMN, ada info terbaru nih terutama warga di Sumatera. Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 (Sei Rampah-Tebing Tinggi) jalani Uji Laik pada 10 dan 11 Januari 2019

Uji laik ini merupakan kewajiban sebelum suatu ruas tol resmi beroperasi penuh. Jalan tol yang diproyeksikan akan beroperasi secara penuh pada Triwulan 1 2019 ini, diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh antara Medan dan Tebing Tinggi dari sebelumnya 2-3 jam melalui jalur eksisting menjadi sekitar 1 jam melalui jalan tol,” tulis Kementerian BUMN di laman instagram resminya.

Dikutip dari Detik Finance
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah